TribunPekanbaru/

Penambahan Personil Satpol PP Idealnya 500 Orang, DPRD: 100 Orang Itu Tak Cukup

Penambahan personil Satpol PP Kota Pekanbaru tahun 2018 mendatang, sudah dipastikan sebanyak 100 orang.

Penambahan Personil Satpol PP Idealnya 500 Orang, DPRD: 100 Orang Itu Tak Cukup
Tribun Pekanbaru/Johanes Tanjung
Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol) 

Laporan Syafruddin Mirohi

TRIBUNPEKANBARU.COM-PEKANBARU- Penambahan personil Satpol PP Kota Pekanbaru tahun 2018 mendatang, sudah dipastikan sebanyak 100 orang. Jumlah ini tidak sesuai dengan yang diusulkan Satpol PP ke TAPD Pekanbaru, yakni 200 orang.

Meski tak sesuai harapan, wakil rakyat tetap memberikan apresiasi, karena dalam tiga tahun terakhir, tidak ada penambahan penegak Perda tersebut. Wakil Ketua DPRD Pekanbaru Jhon Romi Sinaga SE, Rabu (6/12/2017) menyebutkan, seharusnya TAPD selaku pemutus usulan di tingkat Pemko, menjadikan hal ini sebagai prioritas.

"Memang tidak wajar, karena tugas Satpol PP ini setiap tahun bertambah. Sementara personilnya segitu-gitu aja. Idealnya 500 orang penambahan personil itu. Kalau 100 orang itu tak cukup. Karena memang tugas Satpol ini semakin berat," kata Jhon Romi kepada Tribunpekanbaru.com.

Dia menyebutkan, harusnya TAPD bijak, dalam melihat kebutuhan OPD-nya. Jangan karena minimnya alasannya anggaran, lalu usulan ini dipandang sebelah mata saja. Bayangkan saja, hampir setiap tahun jumlah Perda bertambah.

Apalagi yang menyangkut untuk penarikan PAD. Namun karena keterbatasan personil, yang jumlahnya 160 oran di lapangan, tidak memungkinkan bisa mengawal puluhan Perda yang ada di kota ini. Belum lagi pengawasan penyakit masyarakat (pekat), seperti razia prostitusi, razia gepeng dan sebagainya.
"Kita yakin TAPD dan Walikota tahu. Tapi sayangnya, kok tidak ditindaklanjuti. Bayangkan saja, dengan jumlah Satpol sekitar 390 lebih sekarang, apakah mampu mengawal Perda. Sementara tugas pokok yang lain masih banyak. Makanya, jika pengawasan Perda tidak bisa dilakukan Satpol PP, kita tidak bisa menyalahkan mereka," sebutnya lagi.

Karena itu, untuk anggaran perubahan tahun 2018 mendatang, Pemko diminta menambah personil Satpol PP ini secara ideal. Termasuk menyiapkan kebutuhan dan prasarana lainnya. Pihak DPRD Pekanbaru sendiri, siap mengesahkan anggarannya, apalagi sesuai kebutuhan. (Saf)

Tags
Satpol PP
Penulis: Syafruddin Mirohi
Editor: M Iqbal
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help