TribunPekanbaru/

Advertorial

Angkat Potensi Sagu, Pemkab Meranti Latih Seratusan Pelaku IKM

Pelatihan itu dilakukan Pemkab Meranti agar potensi sagu di Meranti tidak hanya berupa tepung, kerupuk dan mie saja.

Angkat Potensi Sagu, Pemkab Meranti Latih Seratusan Pelaku IKM
TribunPekanbaru/Doddy Vladimir
Sebanyak 369 makanan olahan berbahan dasar sagu disajikan pada festival Sagu Menyapa Dunia, Selasa (25/10). 

POTENSI Sagu di Kepulauan Meranti yang sangat berlimpah terus digesa untuk dijadikan komoditi pangan unggulan.

Untuk mendukung potensi sagu agar bermanfaat bagi masyarakat, Pemkab Kepulauan Meranti telah melatih seratusan pelaku Industri Kecil Menengah (IKM).

Seratusan pelaku IKM tersebut dilatih oleh tenaga-tenaga ahli dari sejumlah lembaga yang berkompeten di bidang pengolahan dan pengemasan produk.

Sejumlah pihak yang melatih IKM tersebut seperti Jasa Boga, Ditjen Pengembangan Perwilayahan Industri (PPI) Kementerian Perindustrian RI dan sejumlah pengusaha yang bergerak di sektor kuliner.

Sekdakab Kepulauan Meranti, Yulian Norwis mengatakan, dari data Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM (Disperindagkop UKM), IKM di Meranti yang bergerak di sektor pengolah sagu menjadi berbagai produk makanan dan minuman dari sagu mencapai 117 IKM.

Menurut Yulian Norwis, pelatihan itu dilakukan Pemkab Meranti agar potensi sagu di Meranti tidak hanya berupa tepung, kerupuk dan mie saja.

Dari hasil pelatihan-pelatihan tersebut, Yulian Norwis mengungkapkan para IKM di Meranti sudah bisa mengolah tepung sagu menjadi 390 jenis kuliner, seperti Brownis sagu, Bakso sagu, bolu sagu, cendol sagu dan lainnya.

Ia berharap, dengan ketrampilan para pelaku IKM tersebut, tepung sagu bisa menjadi primadona bagi masyarakat dunia, seperti halnya terigu dan gandum.(adv).

Editor: M Iqbal
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help