TribunPekanbaru/

Kejaksaan Agung Limpahkan Berkas, Jasriadi 'Saracen' ke Kejari Pekanbaru

Kejaksaan Negeri (Kejari) Pekanbaru, Kamis (7/12/2017) menerima pelimpahan berkas dan tersangka, Jasriadi kelompok Saracen

Kejaksaan Agung Limpahkan Berkas, Jasriadi 'Saracen' ke Kejari Pekanbaru
Tribun Pekanbaru/ Ilham Yafiz
Tersangka Jasriadi jalani proses tahap II, Kamis (7/12/2017) di Kejari Pekanbaru. 

Laporan Wartawan Tribunpekanbaru.com, Ilham Yafiz

TRIBUNPEKANBARU.COM,PEKANBARU- Kejaksaan Negeri (Kejari) Pekanbaru, Kamis (7/12/2017) menerima pelimpahan berkas dan tersangka, Jasriadi kelompok Saracen, atau tahap II dari Kejaksaan Agung (Kejagung) RI.

Pelimpahan ini dilakukan oleh Mabes Polri yang menyidik perkara dugaan ujaran kebencian oleh tersangka. Jasriadi dibawa oleh personel Mabes Polri. Ia tampak santai mengenakan setelan jeans kemeja dan celana biru.

Kepala Seksi Pidana Umum (Kasioidum) Kejari Pekanbaru, Yusuf Ibrahim mengatakan kepada Tribun, jika dalam penelitian jaksa, berkas telah lengkap dan sudah memenuhi syarat untuk dilimpahkan.

"Hari ini kita terima pelimpahan dugaan tersangka Saracen dari Kejagung. Menurut jaksa peneliti sudah memenuhi syarat dilimpahkan ke pengadilan," jelasnya.

Terhadap proses penyusunan berkas perkara, pihaknya menurut Yusuf, telah menyiapkan tim jaksa penuntut umum (JPU). Tim terdiri dari Jaksa Kejagung dan Jaksa dari Kejari.

"JPU ada dua tim dari kejagung dan ditambah kita enam," sebutnya.

Terhadap tersangka Jasriadi dilakukan penahanan di Rumah Tahanan (Rutan) Sialang Bungkuk Pekanbaru. Sementara itu, kuasa hukumnya, Zulkifli mengungkapkan jika kliennya tidak melakukan ujaran kebencian, atau menyebar berita hoax.

"Pak jasriadi di sini tidak melakukan ujaran kebencian, atau berita hoax, jadi hanya membuat beberapa akun tetapi tidak memberitakan Hoax tapi disangkakan UU ITE. Kami tim dari Jakarta, untuk mendampingi pak Jasriadi," sebutnya.

Terhadap tersangka, penyidik menyangkakan sejumlah pasal dalam Undang Undang Transaksi Elektronik. Pasal 46 ayat 1 jo pasal 30 ayat 1, pasal 46 ayat 2 Jo Pasal 30 ayat 2, pasal 48 ayat 1 jo pasal 32 ayat 1, pasal 48 ayat 2 jo pasal 32 ayat 2, pasal 51 ayat 1, jo pasal 35 UU RI no, 11 tahun 2007 tentang informasi dan Transaksi Elektronik.

Tersangka Jasriadi bukan yang pertama dikimpahkan berkasnya ke Kejari Pekanbaru. Sebelumnya Kejari telah menerima pelimpahan berkas tersangka M.Abdullah Harsono. Terhadap yang bersangkutan, saat ini sedang prises persidangan di Pengadilan Negeri Pekanbaru.

Penulis: Ilham Yafiz
Editor: Teddy Yohannes Tarigan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help