TribunPekanbaru/

Advertorial

Makmurkan Masjid dan Semarakkan Syi'ar Islam

Memakmurkan masjid adalah salah satu program unggulan Bupati HM Wardan, selain program-program yang bertujuan meningkatkan kualitas SDM.

Makmurkan Masjid dan Semarakkan Syi'ar Islam
Foto/Istimewa
Bupati Inhil HM Wardan mengikuti pengajian akbar kitab Anwarul Bahiyyah di Mesjid Al-Islah, Jalan Sederhana, Tembilahan Hulu, Rabu (29/3/2017). 

BUPATI Inhil HM Wardan mengatakan, dalam upaya menanamkan nilai-nilai keagamaan di Kabupaten Inhil, Pemerintah Kabupaten Inhil telah merumuskan beberapa program, untuk kemudian secara bersama-sama dijalankan hingga pada tingkat desa.

Diantara program yang mulai digalakkan menurut Bupati, adalah Gerakan Salat Subuh Berjama'ah dan gerakan ini sudah mulai dilaksanakan di sebuah msjid di Tembilahan.

"Surat edaran ke seluruh kecamatan juga sudah disampaikan, untuk menjalankan gerakan Salat Subuh berjamaah ini. Begitu pula dengan para pejabat di Pemkab Inhil yang sudah saya imbau untuk melaksanakan Salat Subuh berjamaah," ujarnya.

Selain gerakan Salat Subuh berjamaah, Wardan mengatakan, upaya penanaman nilai-nilai keagamaan dilakukan melalui pelaksanaan gerakan Maghrib Mengaji, yang saat ini telah menyentuh hingga ke tingkat desa di Kabupaten Inhil.

"Gerakan Maghrib Mengaji ini, dari hasil evaluasi kami sudah baik. Pelaksanaan sudah sampai ke mesjid yang ada di desa-desa," ungkapnya.

Hal yang melatarbelakangi pelaksanaan gerakan Salat Subuh berjamaah dan Maghrib Mengaji, dikatakan Wardan, adalah keprihatinan atas sepinya masjid di saat memasuki waktu salat.

"Dalam kunjungan saya ke desa-desa, mesjid sudah banyak yang bagus, banyak yang indah. Hanya, yang memprihatinkan jamaahnya sedikit paling dua shaf," kisah Bupati.

Ke depan, Bupati Wardan mengimbau, agar masyarakat senantiasa dapat melaksanakan ibadah salat di masjid-masjid terdekat, tidak hanya Salat Subuh. Selain itu, Bupati juga menghimbau kepada para orangtua, agar senantiasa menegur dan memotivasi anak untuk mengikuti Maghrib Mengaji.

"Mari kita aktifkan masjid lagi. Kepada orangtua, di kala masuk waktu Maghrib, ingatkan anak kita untuk berbondong-bondong ke masjid, melaksanakan salat dan mengikuti pengajian. Jadi, jangan ada lagi yang berkeliaran di jalan saat Maghrib. Bahkan, kalau bisa di waktu Maghrib matikan televisi," imbaunya.

Dalam menjalankan dua program tersebut, lanjut Bupati Wardan, butuh dukungan dari segenap masyarakat Inhil. Mari bersama makmurkan masjid di Negeri Melayu melalui gerakan Salat Subuh berjamaah, Maghrib Mengaji serta kegiatan-kegiatan keagamaan lainnya.

Halaman
12
Editor: harismanto
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help