PLN Bengkalis Rencakan Listrik Pulau Bengkalis Terhubung Jaringan Sumatera Tahun 2019 Mendatang

Untuk interkoneksi jaringan Sumatera ini, mulai tahun depan PLN Bengkalis akan membangun gardu induk di daerah Pakning

PLN Bengkalis Rencakan Listrik Pulau Bengkalis Terhubung Jaringan Sumatera Tahun 2019 Mendatang
Tribun Jateng/Wahyu Sulistiyawan
Petugas PLN melakukan perbaikan jaringan listrik di jalan Trangkil Gunungpati, Kota Semarang 

Laporan Wartawan Tribunbengkalis.com Muhammad Natsir

TRIBUNBENGKALIS.COM, BENGKALIS - Perusahaan Listrik Negara (PLN) Rayon Bengkalis memastikan mulai 2019 mendatang jaringan listrik di Bengkalis akan terkoneksi dengan jaringan Sumatera. Hal ini ungkap Manager PLN Rayon Bengkalis Hasdedy, Jumat (8/12) Sore.

Menurut dia, untuk interkoneksi jaringan Sumatera ini, mulai tahun depan PLN Bengkalis akan membangun gardu induk di daerah Pakning. Kemudian dari Gardu induk ini akan diseberangkan aliran listrik melalui kabel laut ke Pulau Bengkalis.

"Proses ini akan dimulai tahun depan, kita harapkan interkoneksi ini bisa terpasang paling cepat tahun 2019 mendatang, " kata dia.

Hasdedy mengatakan, interkoneksi dengan jaringan sumatera ini dilakukan guna untuk mengatisipasi terjadinya krisis listrik pulau Bengkalis. Sehingga kebutuhan listrik di Pulau Bengkalis bisa terpenuhi sampai ke pelosok.

Diterangkan Hasdedi, untuk saat ini kemapuan PLN Rayon Bengkalis besar daya yang dimiliki dengan menggunakan Pembangkit listrik tenaga disel besar daya terpasang sekitar 29.000 KW. Sementara untuk daya mampu yang yang bisa digunakan sekitar 22.500 KW.
"Untuk beban puncak 17.296 KW biasanya penggunaan mulai pukul 19.00 WIB," terang Hasdedy.

Menurut dia dengan beban puncak saat ini kemapuan daya PLN Rayon Bengkalis masih Surplus sekitar 5.204 KW. Sehingga masih bisa menampung penambahan daya dari masyarakat.

Namun jika terkoneksi dengan jaringan sumatera, tentu kemampuan daya PLN Bengkalis tidak lagi bergantung dari mesin disel yang ada. Daya mampu dan daya tambah lebih besar dari yang ada saat ini.

"Sehingga bisa menjangkau keseluruhan di Pulau Bengkalis, " tandasnya.(*)

Penulis: Muhammad Natsir
Editor: Teddy Yohannes Tarigan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help