Advertorial

Sehat Cepat dengan Obat Tepat

Pengetahuan tentang obat-obatan ini sangatlah penting. Paling tidak, ketika sakit, kita paham akan fungsi obat yang kita gunakan.

Sehat Cepat dengan Obat Tepat
.

BARANGKALI setiap kita pernah mengkonsumsi obat. Paling tidak, obat digunakan ketika sakit menyerang badan .

Sayangnya, kebanyakan dari kita kurang begitu peduli dengan obat yang kita gunakan.

Kita hanya mengkonsumsi sesuai dengan yang diresepkan dokter. Atau ketika mendapat informasi dari iklan di media-media massa.

Nyaris tidak pernah muncul pertanyaan, apa kandungan dan kegunaan obat tersebut dan bagaimana takaran ketika menggunakannya. Semuanya berlangsung seolah menjadi sebuah kodrati belaka.

Padahal, pengetahuan tentang obat-obatan ini sangatlah penting. Paling tidak, ketika sakit, kita paham akan fungsi obat yang kita gunakan.

Serta tidak salah dalam memanfaatkannya. Bila ini alpa dilakukan, bukan tidak mungkin, obat-obatan yang seharusnya berguna bagi kesehatan malah menjadi masalah baru bagi tubuh.

Kementerian Kesehatan RI bersama Dinas Kesehatan di Provinsi dan Kab/Kota saat ini semakin gencar melaksanakan program GeMa CerMat (Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat). Berbagai upaya telah dilakukan, termasuk penyebaran informasi melalui berbagai media.

Hal ini dianggap perlu mengingat kurang meratanya tenaga farmasi di daerah yang dapat melakukan komunikasi, edukasi dan informasi pada masyarakat sesuai kebutuhan di daerah. Penyebaran informasi dilakukan melalui media cetak, seperti poster, leaflet, buku saku, lembaran fakta, publikasi melalui media massa lainnya.

Namun upaya tersebut tidak cukup. Masih banyak keterbatasan masyarakat dalam memperoleh informasi tentang obat.

Untuk itu, Kementerian Kesehatan mempromosikan tagline “Tanya Lima O”. Melalui tagline ini diharapkan masyarakat dapat lebih aktif lagi mencari informasi tentang obat, baik kepada tenaga kesehatan khususnya tenaga farmasi, maupun dari sumber informasi lainnya yang valid dan terpercaya, seperti kemasan obat.

Halaman
12
Editor: Sesri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help