Pererat Silaturahmi, BEM UIN Suska Riau Kunjungi RAPP

Sebanyak 26 pengurus BEM UIN Suska Riau melakukan kunjungan silaturrahim dengan jajaran manajemen PT. Riau Andalan Pulp & Paper

Pererat Silaturahmi, BEM UIN Suska Riau Kunjungi RAPP
Foto kiriman Rudi Aspriyanto, Menteri Kominfo BEM UIN Suska
Sebanyak 26 pengurus BEM UIN Suska Riau melakukan kunjungan silaturrahim dengan jajaran manajemen PT. Riau Andalan Pulp & Paper 

Oleh: Rudi Aspriyanto
Menteri Komunikasi & Informasi BEM UIN Suska Riau

PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), merupakan Perusahaan dan Industri yang bergerak dibidang produk pulp (Bahan pembuat kertas atau bubur kertas) dan paper menjadi salah satu perusahaan yang dikunjungi Kementerian Jaringan Eksternal BEM UIN Suska Riau.

Sebanyak 26 pengurus BEM UIN Suska Riau melakukan kunjungan silaturrahim dengan jajaran manajemen PT. Riau Andalan Pulp & Paper (RAPP) di Riau Komplek, Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan.

Tengku Kespandiar selaku Campus Relations Head PT RAPP menyambut kedatangan pengurus BEM UIN Suska Riau dan mengenalkan secara langsung RGE Teknologi Center. Menjadi salah satu perusahaan pulp dan kertas terbesar didunia dengan manajemen terbaik, paling menguntungkan, berkesinambungan serta menjadi perusahaan pilihan, merupakan visi PT RAPP. Ungkapnya.

Dalam kunjungannya, pengurus BEM UIN Suska Riau mendapatkan berbagai macam pengetahuan dan pengalaman seputar operasional perusahaan kertas tersebut. Para pengurus BEM UIN Suska berkesempatan mengunjungi RGE Exhibition Center, sebuah Ruang Pamer (Exhibition Hall) yang memperlihatkan sejarah perusahaan, operasional perusahaan serta berbagai macam program yang dijalankan oleh PT. RAPP dan bisnis grupnya dalam menjaga kelestarian lingkungan serta berperan aktif dalam peningkatan kualitas hidup masyarakat sekitar perusahaan.

Dalam presentasi yang disampaikan Indriana pada Exhibition Centre,

Sejak didirikan pada 1970 oleh Sukanto Tanoto. Pada tahun 1990 Raja Garuda Emas (RGE) memulai berekspansi secara regional di Asia dan memasuki bisnis di bidang pulp and paper dengan mendirikan PT RAPP di Pangkalan Kerinci. Keberadaan PT RAPP mengubah wajah dusun yang awalnya berpenduduk 200 kepala keluarga, berkembang pesat menjadi 100.000 jiwa pada 2015. Bahkan dusun kecil itu kini telah menjadi ibukota Kabupaten Pelalawan.

PT RAPP yang berdiri sejak 1992 ini sepenuhnya berintegrasi dan beroperasi dari penanaman, kehutanan, penelitian dan pengembangan untuk pabrik pulp dan paper. Perusahaan yang tergabung pada The Asia Pacific Resources International Holding’s Ltd (APRIL) Grup, salah satu perusahaan yang memimpin pulp dan paper didunia ini, tumbuh dari lokal menuju global, jelas Indriana.

Kunjungan rutin yang diterima oleh PT RAPP secara berkala ini mendapat respon positif dari pengurus BEM UIN Suska Riau yang ikut serta. Setelah mengunjungi Exhibition Centre di RGE Teknologi Center, kunjungan dilanjutkan dengan diskusi seputar operasional perusahaan.
Arif Mudi Priyatno selaku Menteri Jaringan Eksternal dalam sambutannya memaparkan maksud dari kunjungan BEM UIN Suska Riau selain untuk silaturrahim juga untuk menjalin kerjasama antara PT RAPP dan BEM UIN Suska Riau pada umumnya.

Hal yang kurang lebih sama disampaikan oleh Insanul Kamil selaku Presiden Mahasiswa (Presma) BEM UIN Suska, Menurutnya, Kami sangat memberikan apresiasi kepada PT. RAPP yang telah bersedia menerima kedatangan kami. Kunjungan ini diharapkan dapat memberikan wawasan sekaligus pengalaman serta membuka cakrawala berpikir akan pentingnya sebuah keberadaan bisnis yang berkelanjutan dengan senantiasa memperhatikan serta menjaga kelestarian lingkungan dan membina hubungan baik dengan masyarakat.

Tengku Kespandiar selaku Campus Relations Head, mengatakan, ''Semoga kunjungan ini dapat mempererat silaturrahim antara PT. RAPP dengan akademisi khususnya para mahasiswa yang tergabung dalam BEM UIN Suska Riau Kabinet Kita UIN Suska. Di samping itu, semoga kunjungan ini juga dapat menambah dan memperluas wawasan dan pandangan terutama bagi para mahasiswa sehingga dapat memahami bagaimana kinerja PT. RAPP yang selalu berpedoman pada konsep 3P (People, Planet dan Profit) dalam proses pengelolan hutan yang lestari," ujarnya.

Setelah diskusi berakhir pada pukul 12.00 WIB. Selanjutnya pengurus BEM UIN Suska melaksanakan Sholat Jum'at berjamaah di Masjid kawasan RAPP Komplek. Seusai melaksanakan Sholat Jum'at berjamaah, sebanyak 26 pengurus BEM UIN Suska Riau melanjutkan sesi makan siang bersama di Hotel Unigraha Komplek PT RAPP.

Selanjutnya para pengurus BEM UIN Suska juga mengunjungi Kerinci Central Nursery, Pusat Pembibitan Pohon Akasia, untuk melihat langsung salah satu kebun pembibitan yang dimiliki oleh PT. RAPP dalam mengembangkan bibit-bibit akasia terbaiknya untuk kemudian ditanam di seluruh areal konsesi.

Setelah mengunjungi Kebun Pembibitan Pohon Akasia di Kerinci Central Nursery, tepat pada pukul 15.00 WIB seluruh pengurus BEM UIN Suska Riau melakukan sesi foto bersama dengan pihak RAPP dan pemberian plakat kenang-kenangan yang diberikan oleh Insanul Kamil kepada Tengku Kespandiar selaku Head Relations Campus serta bersalam salaman. (*)

Editor: harismanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help