Advertorial

Dalam Pembedahan, Dokter Fokus Tangani Pasien untuk Mendapatkan Kesembuhan

BERBAGAI macam pembedahan dilayani di rumah sakit Prince Court Medical Centre (PCMC), Malaysia, dengan pelayanan prima,

Dalam Pembedahan, Dokter Fokus Tangani Pasien untuk Mendapatkan Kesembuhan
.

BERBAGAI macam pembedahan dilayani di rumah sakit Prince Court Medical Centre (PCMC), Malaysia, dengan pelayanan prima, istimewa, dan fokus terhadap kesehatan dan kesembuhan pasien.

Dato’ Badrul Shah Badaruddin DPMT sebagai Consultant Orthopedadic Surgeon, yang juga sebagai Kepala Bidang Pembedahan di PCMC mengatakan, hampir semua jenis pembedahan dilayani di PCMC.

Berbagai alat pembedahan pun juga tersedia di PCMC, tergantung dengan tingkat kesulitan, serta kebutuhan pembedahan atau operasi yang akan dilakukan oleh dokter kepada pasien, untuk penggunaan alat bedah tersebut.

Misalnya ada yang dilakukan pembedahan dengan mikroskopi, biasanya untuk pembedahan syaraf, yang memanfaatkan teknologi mikroskopis, supaya dokter mampu mengobati area otak yang sakit melalui lubang yang berukuran kecil, dengan membuat perawatan yang lebih besar.

Ada juga bedah dengan endoskopi, dengan menggunakan alat endoskop, yang dilengkapi dengan kamera diujungnya, yang nantinya kamera tersebut digunakan untuk pengambilan gambar bagian dari saluran pencernaan, biasanya tindakan medis ini adalah untuk gangguan pencernaan.

Ada juga dengan pembedahan dengan robotic, yang menjadi salah satu keunggulan di PCMC. Dengan robotic surgry ini, dokter bedah akan memakai sistim komputeryang akan dimanfaatkan untuk mengendalikan lengan robot beserta ujung efektor.

“Dokter bedahnya hanya menjalankan sistim robotic dari jauh, bukan di dekat tubuh pasien. Tapi tetap ada perawat di dekat pasien,” imbuhnya.

Dengan sistim robotic tersebut, menurut Dato’ Badrul Shah Badaruddin DPMT, bagian tubuh pasien tidak terlalu lebar yang dibedah, hanya sedikit saja, karena sistim robotic yang kecil mampu leluasa bergerak dalam tubuh, dan lebih teliti. Berbeda dengan tangan secara langsung, yang mengharuskan tangan manusia masuk ke bagian tubuh pasien yang dibedah.

Selain itu, ada juga operasi dengan laser, dokter bedah biasanya akan menggunakan sinar laser supaya area tubuh yang rusak dalam tubuh bisa terobati.

Dijelaskannya, ada jenis pembedahan tersebut dilakukan dengan mengangkat seluruh atau sebagian dari organ tubuh pasien, selain itu, ada juga yang dilakukan dengan amputasi, untuk memotong bagian tubuh tertentu, biasanya dilakukan untuk pencegahan infeksi ke bagian tubuh yang lain.

Selain itu, ada lagi bedah untuk memperbaiki bagian tubuh yang terluka, baik itu kerusakan atau cacat serius yang diakibatkan oleh penyakit, atau pun cidera pada tubuh pasien. Selanjutnya ada bedah kecantikan, yang tujuannya untuk membuat penampilan seseorang lebih cantik.

Selain itu, juga ada operasi cangkok, dengan melakukan penggantian organ tubuh dari sumber lain, dan juga ada pembedahan untuk penanaman kembali dengan tujuan melekatkan kembali bagian tubuh yang sempat terlepas.

Di PCMC, semua jenis pembendahan tersebut, akan mengutamakan keselamatan dan para dokter yang terpercaya di bidangnya, akan fokus untuk menangani pasien, untuk mendapatkan persentase kesembuhan yang lebih tinggi. (adv)

Editor: Sesri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help