Dukung Penuh Pengembangan Kopi Liberika di Meranti, Ini Janji Gubri Arsyadjuliandi Rachman

Tumpangsari yang dilakukan di sela-sela batang kelapa dan sagu, sehingga tidak membutuhkan lahan yang luas untuk pengembangan kopi liberika

Dukung Penuh Pengembangan Kopi Liberika di Meranti, Ini Janji Gubri Arsyadjuliandi Rachman
Foto/Istimewa
Kopi manual brewing 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru Nasuha Nasution

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman berjanji akan mendorong terus pengembangan potensi kopi jenis Liberika di Kabupaten Kepulauan Meranti. Apalagi masih ada potensi 500 hektar lahan lagi yang akan segera ditanami kopi tersebut.

Hal ini disampaikan Andi Rachman sapaan akrabnya Gubernur Senin (25/12/2017) setelah ikut melakukan panen langsung kopi tersebut pekan lalu di Desa Tanah Merah Kabupaten Kepulauan Meranti. Menurutnya sangat potensial dalam mengangkat perekonomian masyarakat di daerah perbatasan tersebut.

"Ini merupakan potensi yang ada di Riau. Bayangkan bisa hidup di dataran rendah dan gambut lagi. Ini juga kebersihan karena ditanami dengan sistem Tumpangsari," ujar Andi Rachman.

Tumpangsari yang dilakukan di sela-sela batang kelapa dan sagu, sehingga tidak membutuhkan lahan yang luas untuk pengembangan kopi liberika tersebut.

Baca: Lakukan Hal Mengerikan Pada Ibunya, Pria Ini Masih Tersenyum dengan Bercak Darah di Wajah

Baca: Jalan ke Muara Takus yang Amblas Baru Selesai Dikerjakan, Ini Kontraktor dan Nilai Proyeknya

Baca: VIDEO: Mencekam! Sesuatu Muncul dari Kolam Kecil Ini dan Menyambar Seekor Anjing

"Secara ekonomi tentu akan lebih baik kedepan. Makanya kami dari Provinsi akan mendorong terus, bagaimana ini bisa berkembang kedepan," ujar Andi.

Apalagi saat ini permintaan kopi lebih tinggi dan keunggulannya lagi merupakan jenis baru liberika, karena untuk jenis lain sudah banyak.

Halaman
12
Penulis: Nasyuha
Editor: harismanto
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help