Rokan Hulu

Jembatan Sei Sawan Rokan IV Koto Amblas Diterjang Arus Sungai

Akibat amblasnya jembatan tersebut, tranpsortasi dari Desa Suka Maju ke Desa Lubuk Bendahara Kecamatan Rokan IV koto terputus.

Jembatan Sei Sawan Rokan IV Koto Amblas Diterjang Arus Sungai
Tribun Pekanbaru/Donny Kusuma Putra
Jembatan sungai Sawan, pada Minggu (24/12/2017) amblas diterjang derasnya arus sungai. 

Laporan Wartawan Tribunrohul.com, Donny Kusuma Putra

TRIBUNROHUL.COM, PASIRPANGARAIAN - Tingginya Intensitas Hujan di wilayah Kecamatan Ujung Batu, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), menyebabkan jembatan sungai Sawan, pada minggu (24/12/2017) amblas diterjang derasnya arus sungai.

Dimana, Amblasnya jembatan ini disebabkan karena meluapnya Sungai Sawan yang merupakan anak sungai Rokan Kiri.

Akibat amblasnya jembatan tersebut, tranpsortasi dari Desa Suka Maju ke Desa Lubuk Bendahara Kecamatan Rokan IV Koto terputus.

Menurut Masril salah seorang saksi mata, Retakan jembatan sudah mulai terlihat sekitar pukul 05:00 WIB subuh.

Debit air sungai semakin besar, mengakibatkan jembatan amblas sekitar Jam 07:00 WIB pagi, hingga menyisakan jurang menganga selebar 3 meter.

Baca: Badan Jalan Menuju Candi Muara Takus Amblas, Begini Penampakannya

Baca: 251 Wanita Yatim di India Akhirnya Bisa Menikah Setelah Didanai Pengusaha Kaya Raya

Baca: 5 Tips Atasi Sakit Saat Liburan, Nomor 5 Mudah Dilakukan

Tidak hanya itu, tambahnya, derasnya air juga menyebabkan badan anak sungai membesar hingga 10 meter. Bahkan 6 unit pondok milik salah satu cafe yang beroperasi di tepian sungai Sungai Sawan, ikut terseret derasnya air sungai yang mengalir menujur sungai Rokan Kiri.

"Belum ada bantuan dari pemerintah kabupaten Rokan Hulu untuk penanaganan fisik jembatan, agar tetap bisa dilalui kendaraan roda dua masyarakat secara swadaya membuat jembatan darurat dari kayu serta pohon kelapa," katanya, Senin (25/12/2017).

Sementara, kepala pelaksana BPBD Rohul Aceng Herdiana mengatakan, perbaikan jembatan sei Sawan yang amblas akan dilakukan melalui dana tanggap darurat.

Diakuinya, Saat ini BPBD Rohul tengah mempersiapkan penetapan status darurat banjir, sehingga bisa melakukan upaya penanganan darurat termasuk perbaikan infrastruktur jembatan yang amblas.

"Kita telah melakukan respon cepat dengan mendatangi lokasi dan melakukan pendataan, sementara untuk tindakan darurat kita masih menunggu penetapan status darurat bencana banjir, yang akan segera di tetapkan oleh kepala daerah," tutupnya. (*)

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: harismanto
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help