Awasi Anak di Pergantian Malam Tahun Baru

Sewajarnya orangtua dan masyarakat memiliki kewajiban untuk saling mengingatkan, memberikan contoh, melindungi keselamatan anak-anak

Awasi Anak di Pergantian Malam Tahun Baru
Foto/Istimewa
Nanda Pratama Tanjung, mahasiswa Pasca Sarjana Fakultas Hukum UIR dan Kabid Pemenuhan Hak Anak Lembaga Perlindungan Anak Riau 

Oleh: Nanda Pratama Tanjung,
Mahasiswa Pasca Sarjana Fakultas Hukum UIR
Kabid Pemenuhan Hak Anak Lembaga Perlindungan Anak Riau

FENOMENA Tahun Baru di Pekanbaru harus menjadi sorotan penting bagi para orangtua untuk mengontrol anaknya.

Karena dari kebiasaan yang acap kali dilakukan dan merasa diberi kemudahan, para remaja dan kaum muda Pekanbaru ini merasa bebas untuk ‘sibuk’ dalam kegiatan luar rumah.

Data-data global semestinya membuat orangtua berpikir ulang sebelum mengizinkan anak-anaknya keluyuran di malam hari untuk menyambut tahun baru.

Di Pekanbaru sendiri beberapa kegiatan yang mempunyai peluang resiko pada malam tahun baru:

1. Konsumsi Minuman Keras

Hal ini merupakan perbuatan yang dilarang agama manapun tetapi menjadi ‘tradisi’ yang lazim dilakukan banyak orang. Terlebih pada malam tahun baru, takaran konsumsi minuman beralkohol dan jenis lainnya melonjak seketika di pasaran Kota Pekanbaru.

Pada suasana tahun baru yang identik dengan pesta semalam suntuk, para Remaja maupun kaum muda muda seolah menemukan momentum yang pas untuk menjajal benda terlarang ini !!!
Dan beberapa studi juga menyebutkan bahayanya mengkonsumsi minuman yang mengandung alcohol pada usia belia.

2. Klub dan Tempat Hiburan Malam

Hiburan malam dengan dentuman musik keras ala selatan dan funkot yang pada hari-hari biasa sepi pengunjung dan di malam tahun baru ini menjadi ladang basah bagi para pengelola klub hiburan malam karena membludaknya pengunjung bahkan sampai berdesakan.

Halaman
12
Editor: harismanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help