TribunPekanbaru/

Bengkalis

Ini Laporan di UPT Pelayanan Disnakertrans Bengkalis Sepanjang Tahun 2017

Pihak UPT Pelayanan Disnakertrans sempat melakukan mediasi terhadap kedua belah pihak pekerja dengan pihak perusahaan.

Ini Laporan di UPT Pelayanan Disnakertrans Bengkalis Sepanjang Tahun 2017
TribunPekanbaru/Muhammad Natsir
Kepala UPT Pelayanan Disnakertrans Bengkalis Rohani 

Laporan Wartawan Tribun Muhammad Natsir

TRIBUNBENGKALIS.COM, BENGKALIS - Sepanjang 2017 Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pelayanan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakerstrans) Bengkalis menangani tiga pengaduaan masalah tenaga kerja dengan perusahaan. Tiga pengaduaan tersebut diterima dengan permasalahan yang bervariasi.

Rohani Kepala UPT Pelayanan Disnakertrans Bengkalis mengatakan, pengaduan yang diterimanya diantaranya terkait Jaminan Kesahatan pekerja TV Kabel DMJ TV yang mengalami kecelakaan kerja. "Pengaduan ini sebanyak satu orang pekerja yang mengalami kecelakaan kerja," terang Rohani.

Masalah DMJ TV ini sudah di limpahkan ke Pekanbaru. Karena jaminan kesehatan terkait korban kecelakaan kerja merupakan kewenangan dari Disnakertrans provinsi bidang pengawasan.

"Saat ini masalah DMJ TV tersebut masih ditangani di Pekanbaru," ungkap Rohani.

Lanjut dia, permasalahan lain yang diadukan oleh tenaga kerja Bengkalis ke UPT Pelayanan Bengkalis yakni Permasalahan PT Berkat Karya Laris dengan tenaga kontraknya. Dimana pada masalah ini sebanyak delapan orang pekerja perusahaan melaporkan PT Berkat Karya Laris karena tidak membayar sesuai upah minimum kabupaten.

"Ada delapan karyawan PT Berkat Karya Laris datang ke sini menuntut pembayaran gaji dilakukan sesuai dengan UMK. Selain itu mereka juga meminta perusahaan membayarkan uang lembur mereka, " terang Rohani.

Selain tuntutan gaji, pekerja juga melaporkan perusahaan karena tidak memberikan jaminan kesehatan dan jaminan tenaga kerja. Dari laporan ini, pihak UPT Pelayanan Disnakertrans sempat melakukan mediasi terhadap kedua belah pihak pekerja dengan pihak perusahaan.

"Kita sudah panggil perusahaan untuk ke depan perusahaan di wajibkan untuk segera mengurus BPJS Kesehatan dan BPJS Tenaga Kerja semua karyawan mereka. Sementara permintaan pekerja untuk pembayaran gaji sesuai UMK Bengkalis ternyata tidak ditanggapi perusuhaan," pungkas Rohani.

Karena hasil mediasi UPT Pelayanan Disnakertrans Bengkalis tidak menemukan hasil. Pihak UPT Pelayanan Disnakertrans Bengkalis melimpahkan mediasi kedua belah pihak ke Disnakertrans Bengkalis yang berada di Duri

Halaman
12
Penulis: Muhammad Natsir
Editor: M Iqbal
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help