TribunPekanbaru/

Bengkalis

36 Kasus Kebakaran  Sepanjang Tahun 2017 di Bengkalis

36 kasus kebakaran di tahun 2017 tersebut sudah menghanguskan sebanyak 50 rumah dan Ruko di kabupaten Bengkalis.

36 Kasus Kebakaran  Sepanjang Tahun 2017 di Bengkalis
istimewa
pemadaman kebakaran bengkalis 

Laporan Wartawan Tribunbengkalis.com Muhammad Natsir

TRIBUNBENGKALIS.COM, BENGKALIS - Peristiwa kebakaran di kabupaten Bengkalis sepanjang tahun 2017 cukup tinggi. Setidaknya Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Bengkalis mencatat ada sebanyak 36 kasus terjadi pada 2017 lalu.

Kepala Damkar Bengkalis Zulfan Heri mengatakan, dari 36 kasus kebakaran di tahun 2017 tersebut sudah menghanguskan sebanyak 50 rumah dan Ruko di kabupaten Bengkalis. Kerugian akibat kebakaran tersebut ditaksir mencapai 7,6 miliar rupiah.

"Bahkan memakan korban jiwa sebanyak 2 orang yang meninggal akibat kebakaran di tahun 2017," jelas Zulfan Heri, Jumat (5/1) sore.

Lebih rinci Zulfan Heri menjelaskan, kasus kebakaran terjadi sepanjang tahun 2017 tersebut di dominasi terjadi di kecamatan Mandau. Kejadian kebakaran di sana ada 18 kasus kebakara terjadi di tahun kemarin.

"Kemudian kecamatan Bengkalis juga kasus kebakaran cukup tinggi setidaknya ada tujuh kasus kebakaran terjadi di 2017," kata dia.

Penyebab kebakaran tersebut sebagian besar di duga akibat kosleting listrik, kebocoran gas. Serta api berasal dari lilin yang di hidupkan.

Zulfan Heri berharap pada tahun 2018 ini, jumlah kasus kebakaran rumah dan ruko semakin menurun, bahkan harapannya bisa nol. Guna mengantisipasi dan meminimalisir kasus kebakaran rumah dan ruko ini pihaknya sudah melakukan beberapa upaya pencegahan.

"Diantaranya kita akan secara gencar melakukan sosialisasi di tahun ini, dalam bentuk himbauan melalui media radio maupun spanduk. Himbauan berupa Sebelum meninggalkan rumah memastikan kondisi aman dari penyebab kebakaran, seperti memastikan listrik padam, dan kompor dalam kondisi tidak menyala, " terangnya.

Bahkan bentuk pencegahan lain Damkar telah melakukam pelatihan penanggulangan kebakaran berbagai instansi di tahun 2017. Diantaranya melibatkan lembaga pendidikan, kesehatan, pihak perbankan dan masyarakat.(*)

Tags
damkar
Penulis: Muhammad Natsir
Editor: M Iqbal
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help