Rokan Hulu

APBD 2018 Sudah Bisa Dijalankan, OPD di Rohul Diminta Susun Anggaran Kas dan DPA

Pemkab Rohul sudah menerima SK Gubernur Riau tentang persetujuan hasil evaluasi APBD Rohul 2018, yang diserahkan provinsi Riau 22 Desember 2017

APBD 2018 Sudah Bisa Dijalankan, OPD di Rohul Diminta Susun Anggaran Kas dan DPA
rri.co.id
ilustrasi apbd 

Laporan Wartawan Tribunrohul.com, Donny Kusuma Putra

TRIBUNROHUL.COM, PASIRPANGARAIAN- Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Rohul, Jaharudin mengungkapkan, program kegiatan yang tertuang dalam APBD Rohul tahun 2018, sudah bisa dijalankan masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Rohul pada Januari ini.

"Jadi kita minta , seluruh OPD bisa segera menyusun Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) serta anggaran kas," katanya, Minggu (7/1/2018).

Ia menambahkan, APBD Rohul 2018 sekitar Rp1,334 triliun sudah selesai dievaluasi Provinsi Riau, dan sinkronisasi serta ditetapkan menjadi Perda tentang APBD Rohul 2018.

Dijelaskanya, dari jumlah APBD Rohul tersebut, belum dituangkan bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Bantuan Keuangan (Bankeu) Provinsi Riau tahun 2018.

"Program kegiatan yang tertuang dalam APBD Rohul 2018 sudah bisa dijalankan di bulan ini. Hanya saja, tinggal kesiapan masing masing OPD di Rohul dalam mempersiapkan proses administrasinya," ungkapnya.

Baca: Tak Mengaku Melahirkan, Remaja 18 Tahun Menangis Saat Dipertemukan dengan Bayi yang Dibuangnya

Baca: Datang Hari Berbeda, 3 Pasang Balon Gubri Pastikan Bawa Istri Saat Daftar ke KPU Riau

Baca: Dipanggil Bupati dan Bertemu di Ruang Tamu, Tukang Sapu Kaget Ditawari Umrah

Lebih lanjut dijelaskanya, Pemkab Rohul sudah menerima SK Gubernur Riau tentang persetujuan hasil evaluasi APBD Rohul 2018, yang diserahkan provinsi Riau pada 22 Desember 2017 lalu.

Kemudian, APBD Rohul 2018 juga sudah dievaluasi, dan dilakukan sinkonisasi antara Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dengan Badan Anggaran (Banggar) DPRD Rohul dan ditetapkannya Ranperda tentang RAPBD Rohul 2018 menjadi Perda tentang APBD Rohul 2018.

Jaharudin mengaku, turunan dari Perda tentang APBD Rohul 2018 dilanjutkan dengan terbitnya Peraturan Bupati Rohul tentang penjabaran APBD Rohul 2018, agar program dan kegiatan yang tertuang didalam APBD Rohul 2018 bisa berjalan pada Januari 2018, diminta masing-masing OPD di Rohul, susun anggaran kas dan menyiapkan DPA tahun 2018.

Jaharuddin mengaku, saat ini masing masing OPD Rohul tengah menyiapkan proses penyusunan DPA dan anggaran Kas.

Karena tahapan yang permanen itu rutin dilakukan setiap tahun.

"Kita berharap, seluruh OPD di Rohul secepatnya susun anggaran Kas dan siapkan DPA dengan menyesuaikan kegiatan yang tertuang didalam APBD Rohul 2018,"pungkasnya.(*)

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: Afrizal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help