Dumai

Antisipasi Keberangkatan TKI Non Prosedural Jadi Fokus Imigrasi Dumai

Pihak imigrasi gencar melawan arus keberangkatan TKI non prosdural dari Kota Dumai. Keberadaan para TKI non prosedural tidak terdata di data imigrasi.

Antisipasi Keberangkatan TKI Non Prosedural Jadi Fokus Imigrasi Dumai
Tribun Pekanbaru/Fernando Sikumbang
Para TKI non prosedural di Malaysia kini menanti jadwal kepulangan dari Dumai menuju kampung halaman. Mereka kini berada di P4TKI Dumai. 

Laporan Wartawan Tribundumai.com, Fernando Sikumbang

TRIBUNDUMAI.COM,DUMAITIMUR- Antisipasi keberangkatan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) non prosedural dari Kota Dumai jadi satu perhatian khusus Pihak Imigrasi Dumai.

Mereka bakal menolak pengurusan paspor para TKI non proseduran. Pihak imigrasi tidak akan memberi mereka kesempatan untuk berangkat lewat jalur Kota Dumai.

"Kami berupaya untuk antisipasi keberangkatan para TKI non prosedural dari Kota Dumai," terang Kepala Imigrasi Dumai, Zulkifli Ahmad kepada Tribun, Senin (8/1/2018).

Menurutnya, pihak imigrasi sedang gencar melawan arus keberangkatan TKI non prosdural dari Kota Dumai. Ia menyebut keberadaan para TKI non prosedural tidak terdata di data imigrasi.

Pemerintah Indonesia kesulitab memberi perlindungan hukum tehadpa para TKI yang berangkat tanpa dokumen kerja.

"TKI non prosedural rentan terjerat hukum. Jadi Dirjen Imigrasi fokus dalam mencegah keberangkatan para TKI tanpa dokumen resmi," paparnya.

Total ada 48 TKI non prosedural yang batal berangkat lewat Terminal Penumpang Pelindo Dumai pada 2017 lalu. Para TKI non prosedural berasal dari sejumlah daerah di Sumatera dan Jawa.

Petugas Imigrasi terpaksa menghambat rencana para TKI non prosedural dari Kota Dumai.

Pihak Imigrasi berupaya mengantisipasi resiko bagi TKI non prosedural ke luar negeri.

Ia menyebut bahwa awalnya TKI tersebut hendak wisata ke luar negeri. Mereka ternyata mendapat kesempatan kerja dan tergiur upah yang banyak.

"Mereka malah tidak memperpanjang izin tinggalnya selama bekerja di luar negeri," terangnya.(*)

Tags
TKI
Penulis: Fernando
Editor: M Iqbal
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help