Beredar Berita Hewan Kondisi Memprihatinkan, Ini Klarifikasi Pengelola Kebun Binatang Kasang Kulim

Di mana dalam foto yang beredar, tampak beberapa hewan yang ada di sana seperti kuda, rusa, dan beruang kondisinya sangat memprihatinkan.

Beredar Berita Hewan Kondisi Memprihatinkan, Ini Klarifikasi Pengelola Kebun Binatang Kasang Kulim
Tribun Pekanbaru/ Rizky Amanda
Beredar Foto dan Berita Hewan Dengan Kondisi Memprihatinkan 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru: Rizky Armanda

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU- Dalam beberapa hari belakangan khususnya di media sosial, masyarakat cukup dihebohkan dengan beredarnya sejumlah foto dan berita tentang Kebun Binatang Kasang Kulim yang ada di Desa Kubang Jaya, Kabupaten Kampar, Riau.

Di mana dalam foto yang beredar, tampak beberapa hewan yang ada di sana seperti kuda, rusa, dan beruang kondisinya sangat memprihatinkan.

Tubuh hewan-hewan itu tampak kurus. Mereka seperti tidak cukup asupan makanan dan tidak terurus.

Belum lagi dalam berita yang beredar itu disebutkan bahwa hewan tersebut ditempatkan di kandang yang tak ideal untuk mereka.

Terkait hal itu, Tribun mencoba mengonfirmasi kepada pihak pengelola Kebun Binatang Kasang Kulim, Senin (8/1/2018) sore.

Adalah Laskar, selaku pengelola Kebun Binatang satu-satunya di Provinsi Riau itu saat diwawancarai, mempertanyakan kebenaran foto dan berita tersebut.

Disebutkan dia, foto dan berita yang sudah menyebar luas itu bukan kondisi kebun binatang yang ada saat ini.

"Yang jelas itu bukan foto terkini. Soalnya kondisinya sangat jauh berbeda dengan kondisi sekarang, baik kandang maupun satwanya," ungkap dia.

Baca: BBKSDA Riau Akan Rutin Melakukan Pembinaan Lembaga Konservasi Kasang Kulim

Laskar meyakinkan, untuk kesejahteraan satwa yang ada di kebun binatang yang dikelolanya dinilai sudah cukup terjamin baik dari segi makanan dan kesehatannya.

Pihaknya mengaku tidak akan membiarkan satwa-satwa tersebut jika memang kondisinya seperti yang ada difoto atau berita tersebut.

"Pada kenyataannya kita tidak akan menutup-nutupi. Tidak akan pernah kami telantarkan satwa yang ada. Sah-sah saja berita seperti itu. Baiknya untuk lebih jelas silahkan datang dan lihat langsung," papar dia.

Ditambahkan Laskar, total ada sekitar 140-an ekor hewan yang ada di kebun binatang Kasang Kulim. Sebagian besar hewan-hewan itu merupakan titipan dari Balai Besar Konservasi dan Sumber Daya Alam (BBKSDA) Provinsi Riau.(*)

Penulis: Rizky Armanda
Editor: Teddy Yohannes Tarigan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved