Perkara Narkotika Masih Tinggi di Sidangkan Di Pengadilan Negeri Bengkalis Pada Tahun 2017

Sepanjang tahun 2017 perkara terbanyak di sidangkan pengadilan negeri (PN) Bengkalis masih perkara narkotika

Perkara Narkotika Masih Tinggi di Sidangkan Di Pengadilan Negeri Bengkalis Pada Tahun 2017
Tribun Pekanbaru/ Muhammad Natsir
Ketua PN Bengkalis Sutarno menyampaikan Press Realease penanganan Perkara tahun 2017, Senin (8/1/2018) Sore. 

Laporan Wartawan Tribunbengkalis.com Muhammad Natsir

TRIBUNBENGKALIS.COM, BENGKALIS - Sepanjang tahun 2017 perkara terbanyak di sidangkan pengadilan negeri (PN) Bengkalis masih perkara narkotika. Bahkan perkara narkotika yang ditangani PN Bengkalis hampir lima puluh persen dari perkara pidana umum yang ditangani pada tahun 2017 lalu.

"Total perkara pidana umum yang kita tangani sepanjang tahun lalu sebanyak 670 perkara. Separuhnya merupakan perkara narkotika dengan jumlah 318 perkara, " ungkap Ketua PN Bengkalis Sutarno saat press realease di PN Bengkalis, Senin (8/1) sore.

Kondisi ini membuat pihak PN Bengkalis merasa prihatin. Karena kondisi Bengkalis saat ini masih di dominasi oleh narkotika.

Selain perkara narkotika, perkara yang juga cukup tinggi di tangani pengadilan Negeri Bengkalis yakni perkara pencurian sebanyak 111 perkara. Kemudian perkara perjudian sebanyak 31 perkara yang di tangani.

Meskipun penanganan perkara masih sekitar 670 perkara yang ditangani. Pihak PN Bengkalis melihat ada tren penurunan tindak kejahatan tahun 2017 dibandingkan tahun sebelumnya.

"Kalau tahun sebelumnya perkara yang kita tangani sebanyak 723 perkara. Namun sampai akhir tahun 2017 kemarin penurunan terjadi sekitar 53 perkara," jelas Sutarno.

Walaupun penurunan penanganan perkara pidana umum masih rendah. Tapi penurunan ini bisa dilihat sebagai indikasi kesadaran hukum masyarakat sudah ada.

"Jadi kita lihat hasil perkara yang kita tangani memang terjadi penurunan. Bisa dikatakan masyarakat sudah mulai sadar hukum," kata dia.

Selain itu, jumlah perkara yang bisa diselesaikan hingga putusan di tahun 2017 lalu mencapai angka 83 persen dari 670 perkara pidana umum.

"Untuk penyelesaian kita lihat cukup mengalami peningkatan di bandingkan tahun lalu," jelasnya.

Selain perkara umum PN Bengkalis juga menangani perkara gugatan perdata di tahun 2017 lalu. Setidaknya ada sebanyak, 50 gugatan yang ditangani sepanjang tahun 2017 lalu.

Jumlah ini cukup mengalami kenaikan di bandingkan tahun 2016. "Memang mengalami kenaikan jumlah perkara gugatab yang kita tangani jika dibanding tahun 2016 lalu. Untuk tahun 2016 lalu perkara gugatan perdata yang ditangani 36 perkara, " jelas Sutarno.

Sutarno menargetkan, untuk penyelesaian perkara di PN Bengkalis di tahun 2018 akan dilakukan peningkatan. Namun penyelesaian perkara secara cepat perlu sinergi yang kuat antara majelis hakim, penitera penganti dan bagian pidana.

"Kita akan memperkuat sinergi antara majelis hakim, panitera penganti mapun bagian pidana untuk bisa meningkatkan penyelesaian perkara di PN Bengkalis.(*)

Penulis: Muhammad Natsir
Editor: Teddy Yohannes Tarigan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help