Pilgub Riau 2018

Seperti Prosesi Pernikahan, Pendaftaran di KPU Riau Pakai Ijab Kabul

"Kemudian, penelitian syarat calon akan kita lakukan pada tanggal 8 hingga 10 Januari 2018, kemudian tes kesehatan tanggal 8 sampai 15 Januari 2018,"

Seperti Prosesi Pernikahan, Pendaftaran di KPU Riau Pakai Ijab Kabul
TribunPekanbaru/Alexander
KPU dan tim Koalisi Riau Bersatu yang mengantarkan pendaftaran Syamsuar-Edy Natar, usia ijab kabul pendaftaran di KPU Riau, Senin (8/1). 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Alexander

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Ada yang unik dalam pelaksanaan pendaftaran bakal calon gubernur dan wakil gubernur Riau kali ini, dimana prosesi pendaftarannya oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau dibuat seperti ijab kabul penikahan.

Saat Syamsuar-Edy Natar mendaftar di hari pertama, Senin (8/1), perwakilan dari partai pengusung dan pihak KPU menyampaikan ijab kabul tersebut, sambil berjabat tangan.

"Kami gabungan partai politik yang menamakan diri dengan Koalisi Riau Bersatu, yang terdiri dari 3 partai, PAN dengan jumlah kursi 7, PKS dengan jumlah kursi 3 kursi, dan Nasdem 3 kursi, mengucapkan Bismillah, kami mendaftarkan Syamsuar-Edy Natar sebagai pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Riau. Demikian dengan syarat calon dan syarat pencalonan," kata Ketua DPW PAN Riau, Irwan Nasir, yang mewakili koalisi partai pengusung, mendaftarkan bakal calon yang diusung.

Ketua KPU Riau, Nurhamin langsung menjawab, bahwa pihaknya menerima menerima berkas pencalonan tersebut.

"Kami terima berkas pencalonan dari Syamsuar-Edy Natar, sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur Riau.
Selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan syarat calon dan pencalonan," ujar Nurhamin.

"Bagaimana kawan-kawan media? Sah?" ujar Irwan Nasir, yang kemudian diikuti rekan wartawan yang meliput acara itu dengan kata sah secara serentak, baru kemudian mereka melepas jabatan tangan seraya mengusapkan tangan kemuka mengaminkan prosesi yang dilaksanakan tersebut.

Selanjutnya masing-masing pihak mengabadikan moment tersebut, dengan berfoto dengan bakal calon gubernur dan wakil di depan pelaminan, mulai dari pihak KPU, Bawaslu, ketua partai pengusung, dan beberapa pihak terkait lainnya.

Selanjutnya, Nurhamin menyampaikan, pihaknya juga akan mengumumkan di website KPU Riau, terkait dokumen syarat bakal calon yang mendaftar, dan menerima tanggapan dari masyarakat, mulai tanggal 10 hingga 16 Januari 2018.

"Kemudian, penelitian syarat calon akan kita lakukan pada tanggal 8 hingga 10 Januari 2018, kemudian tes kesehatan tanggal 8 sampai 15 Januari 2018," ujarnya.

Syamsuar-Edy Natar merupakan pasangan calon yang pertama mendaftar ke KPU Riau. Ia disung oleh 3 partai yang disebut Koalisi Riau Bersatu, yakni, PAN, PKS, dan Nasdem. (ale)

Penulis: Alex
Editor: M Iqbal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help