TribunPekanbaru/

Istana Siak Dibakar

Syamsuar Marah Kepada Penjaga Istana Siak, Katanya Karena Unsur Kelalaian

Bupati Siak Syamsuar tampak tidak terima dengan perbuatan OTK yang berupaya membakar Istana Siak

Syamsuar Marah Kepada Penjaga Istana Siak, Katanya Karena Unsur Kelalaian
Tribun Pekanbaru/ Mayonal Putra
Bupati Siak Syamsuar evaluasi Kepala Dinas Pariwisata dan penjaga istana Siak, Selasa (9/1/2018) sore di Istana Siak. 

Laporan wartawan Tribunsiak.com, Mayonal Putra

TRIBUNSIAK.COM, SIAK - Bupati Siak Syamsuar tampak tidak terima dengan perbuatan OTK yang berupaya membakar Istana Siak, Selasa (9/1/2018) saat mendatangi Istana kebanggaann masyarakat Siak itu. Ia kembali menyebut dirinya mengutuk OTK itu.

"Istana ini bukan aset Siak dan bukan aset Riau. Ini aset nasional. Karena Istana ini masuk cagar budaya nasional dan masuk kota pusaka Indonesia. Bahkan kita sedang mengupayakan masuk ke dalam warisan budaya dunia," kata dia.

Kejadian itu, kata dia, juga karena ada unsur kelalaian para penjaga istana. Karena, kondisi sedang sepi seluruh penjaga kecolongan. Sebab, selama ini belum ada Protap penjaga istana sehingga kinerja mereka tidak teratur.

Baca: Istana Siak Dibakar - Bupati Syamsuar Tampak Marah-marah kepada Penjaga

"Penjaga akan kita tambah, CCTV diperbarui, dan Protap penjagaan harus dibuat. Jadi penjaga tidak bisa lagi main-main, atau mencari alasan dan lain-lain," kata dia.

Ia mengatakan memang telah memarahi para penjaga istana. Sebab menurut dia, seharusnya penjaga tidak kecolongan dari tindakan pelaku. Kemarahan itu dianggap wajar, apalagi sebagai pimpinan.

"Siapa yang tidak marah, saya pimpinan, wajarlah marah," kata dia.

Tidak hanya itu, Syamsuar bersikukuh mengatakan pelaku percobaan pembakaran Istana Siak dilakukan oleh orang lain, dan bukan warga Riau. Sebab, kata dia, pelaku masuk memakai sepatu.

"Dia tidak tahu atau belum pernah masuk ke dalam istana. Kalau orang Riau tidak mungkin tidak tahu kalau masuk buka sepatu. Itulah tandanya memang ada orang luar Riau yang berniat jahat," kata dia.

Halaman
12
Penulis: Mayonal Putra
Editor: Teddy Yohannes Tarigan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help