Tapal Batas Jadi Faktor Dominan Konflik di Inhu Sepanjang Tahun 2017

Kesbangpol Inhu juga sudah memediasi sejumlah konflik di Kabupaten Inhu.

Tapal Batas Jadi Faktor Dominan Konflik di Inhu Sepanjang Tahun 2017
ilustrasi/net
Ilustrasi Tapal Batas

Laporan Wartawan Tribuninhu.com Bynton Simanungkalit

TRIBUNINHU.COM, RENGAT - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Indragiri Hulu (Inhu) mencatat sejumlah penyebab konflik antara warga dengan perusahaan di Kabupaten Inhu sepanjang tahun 2017. Selain itu, Kesbangpol Inhu juga sudah memediasi sejumlah konflik di Kabupaten Inhu.

Menurut penjelasan Kepala Badan Kesbangpol Inhu, Adri Bahar konflik yang terjadi antara masyarakat dan perusahaan di Kabupaten Inhu dominan disebabkan oleh karena persoalan tapal batas.

"Dominan konflik yang terjadi antara warga dan perusahaan dikarenakan tidak jelasnya tapal batas," kata Adri ketika ditemui di kantornya, Selasa (9/1/2018).

Menurutnya dalam hal ini perusahaan harus sigap mengambil kebijakan untuk membuatkan tapal batas areal operasional mereka. Sebab menurut Adri, tidak semua masyarakat yang paham dalam menentukan tapal batas atau menggunakan teknologi GPS, untuk mengetahui letak lahannya.

Adri juga menjelaskan selain persoalan tapal batas, faktor kedua yang menjadi penyebab terjadinya konflik adalah pemanfaatan dan penyaluran program Corporate Social Responsibility (CSR).

Adri melanjutkan sejumlah konflik yang sempat dimediasi sepanjang tahun 2017, salah satunya konflik antara masyarakat di empat dusun di Desa Talang Tujuh Buah Tangga, Kecamatan Rakit Kulim, Kabupaten Inhu dengan PT Bukit Betabuh Sei Indah (BBSI), kemudian konflik masyarakat di Kecamatan Lubuk Batu Jaya (LBJ) dengan PT Rimba Peranap Indah (RPI), Konflik masyarakat di Kecamatan Batang Gansal dengan perusahaan Duta Palma, dan konflik masyarakat Desa Tani Makmur dengan PT Inecda Plantations dikarenakan merebaknya hama kumbang tanduk. (ton)

Penulis: Bynton Simanungkalit
Editor: Teddy Yohannes Tarigan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help