TribunPekanbaru/

Rokan Hulu

Wabup Rohul Lantik 13 Ketua dan Anggota BPD 

BPD merupakan wakil masyarakat dan bisa menampung aspirasi yang dibawa dalam musyawarah

Wabup Rohul Lantik 13 Ketua dan Anggota BPD 
TribunPekanbaru/Donny Kusuma

Laporan Wartawan Tribunrohul.com, Donny Kusuma Putra

TRIBUNROHUL.COM, PASIRPANGARAIAN- Wakil Bupati Rohul H. Sukiman, ‎melantik 13 Ketua dan Pengurus Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dari delapan kecamatan di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul,) sebagai Pengganti Antar Waktu (PAW), Senin (8/1/2018).

Pelantikan belasan ketua dan anggota BPD dari delapan kecamatan dihadiri Asisten I Setdakab Rohul Juni Syafrin S.Sos, M.Si, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (PMPD) Rohul, Jupri, dihadiri para Camat dan Kepala Desa (Kades).

Dimana, Belasan ketua dan pengurus BPD dilantik terdiri, dari Kecamatan Pendalian IV Koto yaitu BPD Sei Kandis, BPD Bengkolan Salak. Kecamatan Tambusai yaitu BPD Sei Kumango. Kecamatan Tambusai Utara yaitu BPD Tanjung Medan, dan Kecamatan Bonai Darussalam yaitu BPD Sontang.

Kecamatan Rambah Samo yaitu BPD Rambah Utama, BPD Rambah Muda. Kecamatan Tandun Tapung Jaya yaitu BPD Koto Tandun dan BPD Tandun. Kecamatan Rambah yaitu BPD Desa Babusalam. Kecamatan Kabun yaitu BPD Kabun.

Kepala Dinas PMPD Rohul Jupri mengungkapkan, 13 ketua dan pengurus BPD dari delapan kecamatan yang dilantik, selain sebagai PAW, ada pengurus yang sudah habis jabatan.

"Ada yang menang di Pemilihan Kepala Desa dan ada dua dua yang BPD nya diganti sesuai aturan yang berlaku," jelasnya, Selasa (9/1/2018).

Jupri mengungkapkan, pengesahan dan pengangkatan pimpinan dan anggota BPD, serta pengesahan pengangkatan PAW dilaksanakan sesuai kebutuhan masing-masing desa yang mengikuti pelantikan.

Dirinya mengharapkan, BPD sebagai PAW yang baru dilantik dan yang masih aktif, untuk bersama Kades bermusyawarah dalam meningkatkan berbagai pembangunan dan ekonomi masyarakat di desanya.

Sebelumnya, Wabup Rohul Sukiman dalam sambutannya mengucapkan selamat terhadap 13 Ketua dan Anggota BPD yang baru dilantik.

Menurutnya, BPD memberikan kontribusi terhadap pembangunan Kabupaten Rohul dengan menggali potensi di desanya masing-masing, termasuk meningkatkan sumber daya manusia dan meningkatkan perokonomian masyarakat.

Sukiman menerangkan, BPD merupakan wakil masyarakat dan bisa menampung aspirasi yang dibawa dalam musyawarah dengan Kades masing-masing.

"Kalau musyawarah bersama-sama sudah dilaksanakan sesuai dengan fungsinya BPD dan Kades, Insya Allah apapun program yang dikerjakan pasti dapat meningkatkan kesejahteraan masyakatnya," paparnya.

Lebih lanjut dijelaskanya, demikian juga dalam pengelolaaan Anggaran Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) yang merupakan bantuan dari pemerintah pusat, dan dana lain yang ada di desa, Wabup Sukiman juga meminta setiap bantuan dimanfaatkan sesuai aturan berlaku dengan bermusyawarah bersama Kades sebelum kegiatan dilaksanakan.

"Bekerjalah sesuai aturan berlaku. Lakukan musyawarah sesuai tugas pokok dan fungsinya selaku BPD dengan Kepala Desa, dan satukan perbedaan dalam sebuah kebersamaan membangun desa," tutupnya.

Tags
BPD
Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: M Iqbal
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help