Rokan Hulu

Sempat Dirubah, Wakil Bupati Akan Kembalikan Lagi Julukan Rohul 

Pasalnya julukan awal itu merupakan buah pemikiran dari para pendiri-pendiri Rohul.

Sempat Dirubah, Wakil Bupati Akan Kembalikan Lagi Julukan Rohul 
TribunPekanbaru/Donny Putra
Wakil Bupati Rohul, H Sukiman 

Laporan Wartawan Tribunrohul.com, Donny kusuma Putra

TRIBUNROHUL.COM, PASIRPANGARAIAN - Sebutan atau julukan Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) yang dirubah oleh Bupati Rohul, H Suparman, SSos, M.Si akan dikembalikan Wakil Bupati Rohul, Sukiman seperti sedia kala.

Suparman sempat menggantikannya menjadi "Negeri Suluk Berpusaka Nan Hijau". Namun akan dikembalikan lagi menjadi "Negeri Seribu Suluk".

Hal tersebut disampaikannya saat memberi sambutan di acara Syukuran hari amal bakti Kementerian Agama ke-72 tingkat kabupaten Rohul di Convention Hall, Rabu (10/1/2018).

Baginya, julukan Negeri Seribu Suluk dirasa pas bagi Rokan Hulu.

Pasalnya julukan awal itu merupakan buah pemikiran dari para pendiri-pendiri Rohul. Sehingga sebutan Negeri Seribu Suluk harus tetap dipertahankan.

Sukiman mengaku, dirinya sudah berkonsultasi dan bertanya pendapat kepada para tokoh dan pendiri Rohul, dan dirinya akan mengembalikan julukan Rohul yang lama yakni Negeri Seribu Suluk.

Lebih lanjut dijelaskanya, Negeri Seribu Suluk ini tentunya mengandung arti yang positif bagi Rohul, menurutnya seribu Suluk ini menggambarkan tradisi masyarakat Rohul untuk melakukan Suluk, atau pendekatan kepada sang pencipta.

"Jadi seribu suluk itu tentunya masyarakat Rohul ini sangat agamis atau dekat dengan Allah, SWT, dengan melaksanakan Suluk, dan tentunya ini harus dihidupkan kembali," terangnya.

Diakuinya, julukan Seribu Suluk tentunya sudah dikenal oleh masyarakat luas, sehingga julukan tersebut sudah melekat kepada kabupaten Rohul, untuk itulah julukan Rohul harus tetap Negeri seribu Suluk.

Sukiman menjelaskan, ia akan membuat perda tentang j‎ulukan seribu suluk ini, agar tidak diganti-ganti dan mempunyai peraturan yang jelas terkait julukan Negeri seribu suluk.

"Kita yakin sebutan seribu suluk, akan tetap dikenal dengan sebutannya Seribu Suluk, saya yakin masyarakat Rohul bisa mencerminkan apa itu Seribu Suluk," tutupnya.

‎Sebelumnya, Suparman telah mengganti julukan negeri Seribu Suluk menjadi Negeri Suluk Berpusaka Nan Hijau, menurut Suparman julukan tersebut sangat pas untuk menggambarkan kabupaten Rohul.

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: M Iqbal
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help