Kelebihan Kapasitas Rutan Cabang Bagansiapiapi Capai 822 Persen

Kepala Rutan Cabang Bagansiapiapi, Jupri Jabbar mengakui rutan yang ia pimpin mengalami kelebihan kapasitas

Kelebihan Kapasitas Rutan Cabang Bagansiapiapi Capai 822 Persen
HER CAMPUS
Ilustrasi penjara 

Laporan Wartawan Tribundumai.com, Fernando Sikumbang

TRIBUNDUMAI.COM, BAGANSIAPIAPI- Kepala Rutan Cabang Bagansiapiapi, Jupri Jabbar mengakui rutan yang ia pimpin mengalami kelebihan kapasitas. Kelebihan kapasitasnya mencapai 822 persen. Rutan ini harusnya cuma berisi 98 orang warga binaan.

Jumlah penghuni rutan tersebut pada, Kamis (11/1/2018) mencapai 806 orang. Mereka harus berdesakan pada 16 ruang tahanan yang ada. Sekitar 52 orang berada di tiap ruangan.

Mereka terpaksa menyulap tempat tidur jadi empat tingkat. Ruang tahanan yang ada hanya berukuran 4 × 6 meter. Idealnya ruang tersebut maksimal berisi 20 orang warga binaan.

"Sekitar 35 petugas jaga mengawal para warga binaan. Mereka jumlahnya hampir 1000 orang," ujar Kepala Rutan Cabang Bagansiapiapi, Jupri Jabbar kepada Tribun, Kamis (11/1/2018).

Ia menyebut satu solusi terbaik untuk atasi kelebihan kapasitas ialah membuat bangunan rutan baru. Bangunan rutan yang baru rencananya berlokasi di Kawasan Batu Enam, Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir. Bangunan ini rencananya berada di lahan seluas lima hektar.

Ia menyebut pihak rutan sudah memperoleh hibah lahan. Mereka juga sudah melakukan pematangan lahan. Bangunan rutan yang baru nantinya bisa menampung sekitar 800 warga binaan.

"Kini kita menanti anggaran pembangunan dari Ditjen Pemasyarakatan," terangnya. (fer)

Penulis: Fernando
Editor: Teddy Yohannes Tarigan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help