Siak

Tekan Inflasi, Warga Siak Diberi Bantuan Tanam Sayur di Pekarangan

Tanaman pekarangan tersebut yang berbahan pangan. Seperti cabe, cabe rawit, bawang merah dan sayur-sayuran.

Tekan Inflasi, Warga Siak Diberi Bantuan Tanam Sayur di Pekarangan
tribunpekanbaru/afrizal
Ketua RW 04 Tangkerang Labuai, Pekanbaru, Ahmad Junaidi di tengah tanaman cabai yang ditanam di halaman rumah 

Laporan wartawan Tribunsiak.com, Mayonal Putra

TRIBUNSIAK.COM, SIAK - Dinas Ketahanan Pangan kabupaten Siak ikut aktif menyelenggarakan upaya menekan inflasi. Caranya cukup unik, hasilnya lumayan menjanjikan.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan kabupaten Siak, Syahrial mengatakan, pada 2018 ini program tanaman pekarangan kembali digulirkan. Setiap rumah warga yang mempunyai pekarangan dan mau menanam bakal diberikan bantuan.

"Bantuannya berupa bibit, pupuk serta media tanam polybag. Nanti penyalurannya kepada kelompok wanita tani yang ada di masing-masing kampung," kata dia, Rabu (10/1/2018).

Tanaman pekarangan tersebut yang berbahan pangan. Seperti cabe, cabe rawit, bawang merah dan sayur-sayuran. Masing-masing kelompok disalurkan anggaran Rp 50 juta untuk dibagi kepada rumah tangga pelaku.

Ia menguraikan, provinsi Riau menyalurkan anggaran untuk tanaman pekarangan pada 2018 sebanyak Rp 1 miliar lebih, untuk kabupaten Siak. Sebanyak 122 desa di Siak bakal kebagian. Namun, kelompok tani wanita masing-masing desa yang mendata rumahtangga yang akan menerima bantuan tersebut.

Ia menyebut, program tanaman pekarangan bertujuan untuk menekan angka inflasi di kabupaten Siak. Ketika terjadi kenaikan harga cabe, masyarakat sudah mampu memenuhi kebutuhannya sendiri.

"Cukup dengan memanen cabe di pekarangan rumah sendiri," kata dia.

Penulis: Mayonal Putra
Editor: M Iqbal
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help