515 Petugas Lakukan Pemutakhiran Data Pemilih di Dumai pada Pilgubri 2018

Sebanyak 515 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) bakal menyebar di tujuh kecamatan Kota Dumai

515 Petugas Lakukan Pemutakhiran Data Pemilih di Dumai pada Pilgubri 2018
NET
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribundumai.com, Fernando Sikumbang

TRIBUNDUMAI.COM,BUKITKAPUR- Sebanyak 515 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) bakal menyebar di tujuh kecamatan Kota Dumai. Mereka melakukan pencocokan dan penelitian atau coklit daftar pemilih pada 20 Januari 2018 mendatang. Proses ini berlangsung serentak di Indonesia.

Mereka harus menyerahkan hasil coklit untuk peningkatan kualitas Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pilkada Serentak 2018 di Riau.
KPU Dumai sudah menerima Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4). Sesuai DP4 di Kota Dumai pemilih potensial mencapai 188.105 pemilih.

PPDP akan melakukan coklit sesuai dengan kondisi di lapangan. "Jadi mereka menyesuaikan data sesuai alamat KTP para pemilih," terang Ketua KPU Dumai, Darwis kepada Tribun, Jum'at (12/1/2018).

Menurutnya, 14 anggota PPK di Kota Dumai menjalani bimbingan teknis jelang PPDP turun ke lapangan. Proses pendataan faktual pemilih ini berlangsung sekama satu bulan. Ia berpesan agar proses pendataan secara optimal.

Darwis berharap masyarakat bisa memberi data yang valid atau benar kepada PPDP. Ia menyebut satu kendala adalah PPDP harus menemui pemilih sesuai data KTP. Sejumlah masyarakat berbeda alamat KTP dengan tempat tinggal.

Para PPDP harus memastikan pemilih masih ada dan berdomisili di Kota Dumai. Petugas harus memperoleh data yang valid di lapangan. "Jangan sampai tidak ada yang terdata," ujar Darwis. (fer)

Tags
KPU
Dumai
Penulis: Fernando
Editor: Teddy Yohannes Tarigan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help