Pilgub Riau 2018

Bawaslu akan Kirim Surat Penertiban Alat Peraga Balon Kepala Daerah Gagal Maju Pilkada

Ada pun alat peraga tersebut di antaranya ada yang berupa baliho, poster, spanduk, dan sebagainya.

Bawaslu akan Kirim Surat Penertiban Alat Peraga Balon Kepala Daerah Gagal Maju Pilkada
Tribun Pekanbaru/Theo Rizky
Sejumlah baliho bakal calon (Balon) Gubernur Riau (Gubri) dipajang di Jalan Pattimura Pekanbaru, Rabu (16/8/2017). Menjelang pemilihan Gubernur Riau yang diadakan tahun 2018 mendatang, sejumlah spanduk maupun baliho Balon Gubri mulai bertebaran di Kota Pekanbaru, hal ini sudah biasa dilakukan para bakal calon setahun sebelum pemilihan agar lebih dikenal masyarakat. 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Alexander

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU- Jadwal dan tahapan Pilkada Riau 2018 hari ini sudah memasuki masa tes kesehatan para bakal calon gubernur dan wakil gubernur Riau.

Namun demikian, sampai saat ini masih cukup banyak ditemukan alat peraga bakal calon gubernur dan wakil gubernur Riau, yang gagal maju di Pilkada Riau 2018.

Dari pantauan Tribun, di sejumlah jalan protokol di kota Pekanbaru saja, cukup banyak terdapat alat peraga yang masih terpajang, dan belum dibersihkan.

Padahal yang bersangkutan jelas-jelas tidak didaftarkan ke KPU, oleh partai yang memiliki kursi di DPRD Riau.

Ketua Bawaslu Riau, Rusidi Rusdan mengatakan, pihaknya akan segera mengirimkan surat kepada pemerintah Kabupaten/Kota, serta pemerintah Provinsi Riau, untuk bisa menertibkan alat peraga tersebut.

Baca: Usai Tes Kesehatan Firdaus dan Syamsuar Duduk Berdampingan serta Saling Cerita 

Baca: Edy Natar Nasution Punya Kiat Sendiri Hadapi Tes Kesehatan Pilgub Riau 2018

Ada pun alat peraga tersebut di antaranya ada yang berupa baliho, poster, spanduk, dan sebagainya.

Banyaknya alat peraga tersebut, membuat semrawut di jalan-jalan kota dan daerah, karena foto, baliho, spanduk bakal calon gubernur, dan wakil gubernur yang tidak jadi maju di Pilkada Riau 2018 tersebut.

"Kita akan segera menyurati masing-masing pemerintah daerah, untuk bisa menertibkan poster, spanduk, baliho, dan alat peraga lainnya, yang saat ini masih membuat semrawut daerah. Sementara gunanya juga tidak ada, dan tidak juga untuk mensosialisasikan diri orang yang bersangkutan," kata imbuhnya.

Rusidi juga mengimbau kepada bakal calon yang gagal maju tersebut, dan tidak mendaftar di KPU Riau, diminta untuk menertibkan sendiri alat peraga yang sudah dipasang sebelumnya di berbagai tempat.

Baca: Tak Kuat Berontak Pelajar di Rengat Jadi Korban Pencabulan di Semak-semak Belakang Rumah Kosong

Baca: Agenda Kegiatan di Pekanbaru Akhir Pekan Ini

"Kalau mereka mau dan bersedia, lebih baik yang bersangkutan langsung atau timnya untuk membersihkan alat peraga tersebut. Karena mereka yang memasang sendiri sebelumnya, sehingga mereka tidak malu, karena balihonya ditertibkan oleh pihak berwenang di daerah," imbuhnya.(*)

Penulis: Alex
Editor: Afrizal
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help