Nisaneta Anggarini Menjadi Juara CCO Antar Karyawan Dealer Honda

Mendapatkan penghargaan melalui profesi tentu menjadi sebuah hal yang amat membanggakan

Nisaneta Anggarini Menjadi Juara CCO Antar Karyawan Dealer Honda
Istimewa
Nisaneta Anggarini 

Laporan wartawan Tribun Pekanbaru, Hendri Gusmulyadi

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Mendapatkan penghargaan melalui profesi tentu menjadi sebuah hal yang amat membanggakan, terutama bagi diri sendiri. Hal itulah yang dirasakan Nisaneta Anggarini, salah satu Customer Care Officer (CCO) di Dealer Mobil Honda Arista Sudirman, Pekanbaru.

Perempuan kelahiran Padang 27 April ini mengaku sudah kali keduanya memenangkan kompetisi CCO antar karyawan Dealer Mobil Honda secara nasional. Terakhir kompetisi antar Karyawan Dealer Mobil Honda Se-luar Pulau Jawa, tepatnya di Cikarang 18 dan 19 November 2017 kamarin.

"Jadi dalam kontes ini sama seperti kita di ujiankan. Pada kontes pertama kali aku berhasil meraih juara 3, dan di Cikarang kemarin aku memperoleh juara 2. Nanti juga akan kontes nasional, dimana akan ada sekitar 10 orang customer care officer dari berbagai dealer di Indonesia akan bertanding lagi terkait bidang customer care officer," terang Ica, sapaan akrabnya, Selasa (16/1/2018).

Berhasil memperoleh penghargaan di Profesinya, tentu tidak terlepas dari bekal pengalaman Ica selama ini. Dimana, ia telah bekerja di Profesi CCO selama 12 tahun, atau sejak tahun 2005.

Sebelum di Arista Sudirman, sebelumnya Ica pernah bekerja di salah satu dealer mobil lainnya di Pekanbaru. Tepatnya selama 8 tahun dengan tugas dan tanggung jawab yang sama (CCO).

"Jadi setelah itu baru aku masuk Arista pada tahun 2013 sampai sekarang. Ya tugasnya melayani keluhan konsumen dan hal berkaitan lainnya," jelas Ica pemilik akun IG @ichanisaneta.

Ia bercerita, memilih profesi ini sama sekali tanpa unsur kesengajaan, apalagi ia berasal dari salah seorang dengan latar pendidikan Pertanian. Karena keseringan diajak oleh CCO di delaer pertama untuk training, membuat Ica semakin tertarik menggeluti pekerjaan ini.

"Pertama bekerja di dealer, awalnya aku admin dulu, gak lama setelah itu karir aku naik jadi customer care officer," katanya.

Dalam bekerja, Ica selalu berusaha menampatkan diri, yaitu dengan memberikan pelayanan terbaik dengan penuh keramahan pada saat menghadapi setiap konsumen. Semua itu ia pelajari melalui latihan yang giat, terutama bersama perusahaan.

"Kita juga sering dilatih perusahaan, bagaimana cara yang baik berkomunikasi dengan konsumen pada saat ada komplain dan sebagainya. Intinya kalau cutomer care officer tidak boleh marah," sebutnya.

Segala pengalaman yang dimiliki Ica, sama sekali tidak ia manfaatkan untuk diri sendiri. Tak jarang ia berbagi dengan teman se profesi, khususnya CCO yang masih baru di pekerjaan tersebut.

"Kalau masuk ke dunia Customer Care Officer, intinya kalau ada konsumen komplain dengan reaksi marah, itu jangan dibawa ke hati. Karena konsumen itu kalau komplain marahnya bukan ke kita, tapi mereka cuma merasa tidak puas dengan produk atau layanan perusahaan kita. Jadi layanilah konsumen itu dengan baik dan ramah, dan mental harus kuat," terang Ica. (dri)

Penulis: Hendri Gusmulyadi
Editor: Teddy Yohannes Tarigan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help