Puncak Malalak, Destinasi Baru Nan Mempesona di Kabupaten Agam

Pemandangan Gunung Singgalang menjulang tinggi di arah selatan dan air terjun Langkuik Tinggi di bawah kaki Gunung Singgalang.

Puncak Malalak, Destinasi Baru Nan Mempesona di Kabupaten Agam
TribunPadang.com/Riki Suardi
Puncak Malalak di Kabupaten Agam, kini menjadi destinasi wisata baru di Sumatera Barat. 

Laporan Riki Suardi dari Padang

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Puncak Malalak di Kabupaten Agam, kini menjadi destinasi wisata baru di Sumatera Barat.

Meski belum dikelola dengan baik, namun berbagai pemandangan alam dari puncak tersebut membuat Anda betah berlama-lama di sana.

Jika destinasi ini dikelola dengan baik, maka Puncak Malalak akan menjadi destinasi wisata yang bisa bersaing dengan Puncak Lawang di Matur, dan Puncak Langkisau di Kabupaten Pesisir Selatan.

Apalagi, kondisi geografis Puncak Malalak tidak jauh berbeda dengan Puncak Lawang dan Puncak Langkisau, yang sama-sama bisa dijadikan sebagai tempat wisata outdoor, terutama untuk olahraga Paralayang.

"Saat ini baru Puncak Lawang dan Puncak Langkisau yang dijadikan sebagai tempat olahraga Paralayang. Kalau Puncak Malalak ini digarap dengan baik, saya yakin puncak ini tidak akan banyak dikunungi wisatawan," kata Ricky Mendoza saat ditemui tribunpadang.com di Puncak Malalak akhir pekan kemarin.

Bukan tanpa alasan Ricky menyebut Puncak Malalak sangat cocok dijadikan sebagai tempat uji nyali olahraga Paralayang, sebab puncak ini memiliki ketinggian sekitar 1.000 meter dari permukaan laut (mdpl).

Kemudian berbagai pemandangan alam menarik, menjadi nilai tawar bagi para pengunjung.

Seperti pemandangan Gunung Singgalang yang menjulang tinggi, berada di arah selatan Puncak Malalak, dan pemandangan air terjun Langkuik Tinggi yang berada tepat di bawah kaki Gunung Singgalang.

Kemudian arah barat, pemukiman penduduk dengan areal persawahan yang membentang luas, menjadi pelengkap bahwa Puncak Malalak layak dikunjungi wisatawan.

Halaman
12
Editor: M Iqbal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help