Beri Pembekalan Kepada Pimpinan Parpol, Ketua KPU Inhu Paparkan Tata Cara Verifikasi

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) memberikan pembekalan kepada pimpinan partai politik (Parpol)

Beri Pembekalan Kepada Pimpinan Parpol, Ketua KPU Inhu Paparkan Tata Cara Verifikasi
foto/net
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribuninhu.com Bynton Simanungkalit

TRIBUNINHU.COM, RENGAT - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) memberikan pembekalan kepada pimpinan partai politik (Parpol) yang ada di Kabupaten Inhu, Senin (29/1/2018). Pada kegiatan itu, Muhammad Amin, Ketua KPU Inhu sekaligus divisi hukum KPU Inhu menyampaikan tata cara verifikasi terhadap parpol.

Dalam penyampaiannya, Amin menjelaskan verifikasi itu dilakukan berdasarkan PKPU nomor nomor 5 tahun 2018 tentang tahapan Pemilu dan PKPU nomor 6 tahun 2018 tentang verikasi Parpol. "Berdasarkan PKPU nomor 6 tahun 2018 tidak lagi dilakukan cuplik sampling sebanyak 10 persen, tetapi sampel ditentukan sendiri oleh Parpol sebanyak lima persen dari jumlah anggota yang didaftarkan yang ada di Sipol yang tersebar di minimal 50 persen kecamatan," kata Amin.

Maka bila di Inhu setidaknya tujuh kecamatan akan dijadikan sampel. Untuk waktu pelaksanan sendiri akan dilaksanakan selama tiga hari dimulai tanggal 30 Januari 2018 hingga 1 Februari 2018.

Amin melanjutkan verifikasi Parpol sendiri dilakukan untuk membuktikan keabsahan dan kebenaran persyaratan Parpol. Dalam hal ini Amin menyampaikan empat hal yang penting untuk diverifikasi, antara lain kesesuaian nama ketua, sekretaris dan bendahara dengan nama yg tercantum dalam keputusan DPP atau Pimpinan tingkat provinsi. Kedua, memperhatikan keterwakilan 30 persen perempuan pada struktur pengurus.

Dilanjutkan dengan pengecekan domisili kantor tetap sampai dengan tahapan terakhir pemilu, dan yang juga tidak kalah penting adalah anggota parpol paling sedikit 1.000 org atau 1/1000 dari jumlah penduduk pada setiap kepengurusan tingkat kabupaten. (ton)

Penulis: Bynton Simanungkalit
Editor: Teddy Yohannes Tarigan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help