Indragiri Hulu

Diduga Terjadi Penyelewengan, Proyek Jalan dan Jembatan di Desa Siambul Dipertanyakan Warga

Dugaan itu juga semakin diperkuat dengan adanya tim dari kecamatan yang turun melakukan pemeriksaan terhadap pekerja jalan tersebut.

Diduga Terjadi Penyelewengan, Proyek Jalan dan Jembatan di Desa Siambul Dipertanyakan Warga
TRIBUNPEKANBARU.COM/MUHAMMAD NATSIR
Ilustrasi - Pembangunan Jalan Lingkar Rupat 

Laporan Wartawan Tribuninhu.com Bynton Simanungkalit

TRIBUNINHU.COM, RENGAT - Herwandi, Ketua RT 07 di Dusun Tualang, Desa Siambul, Kecamatan Batang Gansal, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) mempertanyakan status kelanjutan pekerjaan jalan di desa mereka. Pekerjaan jalan tersebut menurutnya menggunakan anggaran dana desa pada tahun 2017. Namun warga menduga bahwa dalam proyek pekerjaan jalan sepanjang satu kilometer itu terjadi penyelewengan.

Salah satu indikasi terjadinya penyimpangan menurut Herwandi antara lain, adanya tingkat ketebalan jalan tersebut tidak sama. "Sebagian jalan ada yang tebalnya 15 centimeter, namun ada juga yang 10 centimeter atau bahkan kurang dari situ," kata Herwandi, Minggu (28/1/2018) lalu.

Herwandi juga menyampaikan bahwa pihaknya sudah melakukan pengukuran setelah pekerjaan selesai dilakukan.

Dugaan itu juga semakin diperkuat dengan adanya tim dari kecamatan yang turun melakukan pemeriksaan terhadap pekerja jalan tersebut. Hal yang sama juga ditemukan, dimana ketebalan jalan tidak sesuai.

Oleh karena itu, aparat desa diminta melakukan perbaikan kembali terhadap jalan tersebut agar ketebalannya disamakan hingga 15 centimeter.

Herwandi juga menyampaikan bahwa pekerjaan jalan itu juga dilakukan bersama-sama oleh warga. Meski dananya bersumber dari dana desa. "Tapi untuk membeli bahan juga dicicil, karena dana itu tidak diserahkan semuanya. Sehingga pekerjaan jadi sering terkendala," kata Herwandi.

Meski tim dari kecamatan sudah turun namun pihak desa juga masih belum melakukan perbaikan hingga saat ini.

Selain pembangunan jalan, di Dusun Tualang itu juga terdapat pengerjaan jembatan yang nasibnya mirip. Sebab katanya selesai dikerjakan, pekerjaan jembatan itu tak kunjung ditimbun. Padahal masa penggunaan anggaran sudah berakhir pada tahun 2017 lalu. (ton)

Penulis: Bynton Simanungkalit
Editor: M Iqbal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved