Kampar

Pemkab Kampar Akan Laporkan Dokumen Perizinan PT Pertisa yang Dikuasai PT Ciliandra Perkasa

Kementerian Politik, Hukum dan Keamanan meminta Pemerintah Kabupaten Kampar melaporkan dokumen perizinan PT. Ciliandra Perkasa.

Pemkab Kampar Akan Laporkan Dokumen Perizinan PT Pertisa yang Dikuasai PT Ciliandra Perkasa
Desain Tribun Pekanbaru
ilustrasi tribun 

TRIBUNPEKANBARU.COM, BANGKINANG - Kementerian Politik, Hukum dan Keamanan meminta Pemerintah Kabupaten Kampar melaporkan dokumen perizinan PT. Ciliandra Perkasa. Pemkab Kampar diberi waktu sampai 2 Februari 2018 nanti.

Kepala Dinas Perkebunan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Kampar, Bustan mengklarifikasi isi permintaan Kemenpolhukam. Ia mengatakan, pihaknya hanya diminta melaporkan dokumen Ciliandra saja. Bukan terkait semua perusahaan di Kampar.

"(laporan) hanya (terkait) Ciliandra saja," ungkap Bustan, Senin (29/1/2018). Ia menjelaskan, adapun dokumen yang diminta adalah dokumen Hak Guna Usaha (HGU).

"Mana saja yang di dalam HGU," kata Bustan. ‎Ia mengakui, Ciliandra belum mengantongi HGU. Adapun areal perkebunan Kelapa Sawit kini dikuasai Ciliandra di Desa Siabu Kecamatan Salo masih atas nama PT. Pertisa Trading Coy.

Bustan menyebutkan, HGU untuk Pertisa mencapai 3.000 hektare lebih. Di luar itu, lahan yang belum mengantongi HGU dikuasai Ciliandra. Ia tidak tahu luasan pasti lahan di luar HGU tersebut. Pihaknya belum melakukan pengukuran.

Sebelumnya dalam penyelesaian konflik antara Ciliandra dengan masyarakat Siabu, Pemkab Kampar menemukan lahan di luar HGU seluas 2.845 hektare. Bustan menyatakan, temuan itu bukan hasil pengukuran di lokasi.

"(hasil pengukuran dalam penyelesaian konflik) itu (dengan) citra satelit," kata Bustan. Oleh karena itu, kata dia, pihaknya hanya akan melaporkan dokumen perizinan sesuai HGU saja kepada Kemenpolhukam.

Pada Kamis (25/1) lalu, Bupati Kampar dan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah dipanggil oleh Kemenpolhukam. Bupati diminta memaparkan hasil penyelesaian konflik yang telah dicapai. (*)

Tags
Kampar
Penulis: Fernando Sihombing
Editor: M Iqbal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved