Kampar

Jalan Lingkar Bangkinang Diaktifkan, Truk Dilarang Lewat Kota

Pengalihan khusus untuk Truk saja. Sedangkan jenis kendaraan lain masih diperbolehkan melintas dari tengah kota.

Jalan Lingkar Bangkinang Diaktifkan, Truk Dilarang Lewat Kota
TribunPekanbaru/Nando
Ruas Jalan A Rahman Saleh, Bangkinang Kota, Rabu (13/4/2016). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, BANGKINANG - Jalan Lingkar Bangkinang mulai diaktifkan, Selasa (30/1/2018). Kendaraan jenis Truk dialihkan harus melintasi Jalan Lingkar sepanjang 12 kilometer mengitari Bangkinang Kota tersebut.

Personil Dinas Perhubungan dibantu Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Kampar tampak berjaga di tiga titik. Dua titik masing-masing di pertigaan keluar masuk Jalan Lingkar dari dan ke Jalan Lintas Riau-Sumatera Barat. Yakni, Simpang Tugu Latsitarda Desa Batu Belah Kecamatan Kampar dan Simpang Panca Kecamatan Salo.

Kepala Dinas Perhubungan Kampar, Hambali menyebutkan, satu lagi di pintu masuk Jembatan Water Front City, Jalan Prof. M. Yamin, Bangkinang Kota. Petugas di titik ini untuk mengarahkan truk yang ingin menyeberang ke maupun dari arah Tapung.

Truk yang baik dari arah Pekanbaru maupun Sumatera Barat dapat mengakses Jembatan Water Front City asal melintasi Jalan Lingkar terlebih dahulu.‎ "Harus lewat Jalan Lingkar dulu. Baru memutar ke Bangkinang River Side (Jembatan Water Front City)," ujar Hambali, Selasa (30/1/2018).

Hambali mengungkapkan, pengalihan khusus untuk Truk saja. Sedangkan jenis kendaraan lain masih diperbolehkan melintas dari tengah kota, jalan protokol Bangkinang Kota.

"Hanya truk aja. Yang berbeban berat. Yang lain, bus, mobil penumpang dan truk kecil masih bisa (melintasi Bangkinang Kota)," ungkap Hambali, Selasa (30/1/2018).

Hambali menjelaskan, pengalihan truk dalam rangka menguji ketahanan Jalan Lingkar yang baru selesai dibangun. Menurut dia, pengalihan bakal diberlakukan untuk selamanya jika Jalan Lingkar mampu menahan beban truk bertonase tinggi.

"Kalau dibilang nggak layak, sampai kapan? Makanya diuji dulu. Kalau (Jalan Lingkar) rusak, ya diperbaiki," kata Hambali.

Selain itu, Hambali menambahkan, pengalihan truk juga untuk mengurangi padatnya arus lalu lintas di Jalan Protokol, pusat Bangkinang Kota. Sehingga kemacetan dapat diatasi. (*)

Penulis: nando
Editor: M Iqbal
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help