Bengkalis

Polisi Gagalkan Pengirima 23 TKI Ilegal Melalui Bengkalis

Kepolisian juga sedang berkoordinasi dengan pemerintah daerah terkait rencana pemulangan mereka ke daerah asal masing masing.

Polisi Gagalkan Pengirima 23 TKI Ilegal Melalui Bengkalis
TribunPekanbaru/Muhammad Natsir
Sebagian dari TKI Ilegal di Amankan di Mapolres Bengkalis, Selasa (30/1) 

Laporan Wartawan Tribunbengkalis.com Muhammad Natsir

TRIBUNBENGKALIS.COM, BENGKALIS - Sebanyak 23 orang perempuan diduga akan dikirim ke Malaysia sebagai TKI Ilegal berhasil diamankan Polres Bengkalis, Senin (29/1) kemarin sore. Mereka diamankan disebuah ruko berada di jalan Kelapapati Laut Bengkalis.

Kapolres Bengkalis AKPB Abas Basuni menjelaskan, terungkapnya rencana perdagangan manusia ke Malaysia ini berawal dari informasi masyarakat terkait keberadaan sejumlah wanita di dalam ruko yang terletak di Kelapapati Laut.

"Dari informasi masyarakat kita lakukan penyelidikan kebenaranya. Saat mendatangi ruko tersebut ternyata benar ada 23 orang wanita yang berasal dari luar Bengkalis," terang Kapolres, Selasa (30/1) siang.

Menurut Kapolres setelah melakukan pemeriksaan terhadap 23 orang ini, mereka mengaku akan di bawa ke Malaysia untuk dipekerjakan.

"Kemudian langsung kita bawa ke Mapolres untuk dilakukan pendataan lebih lanjut, " kata Kapolres.

Selain perempuan diduga TKI Ilegal ini, Polres Bengkalis juga membawa pemilik ruko bernama Jaini (44) untuk dilakukan pemeriksaan. "Pemilik ruko juga kita amankan dan di bawa ke Mapolres untuk pemeriksaan lebih lanjut, " kata Kapolres.

Dari hasil penyelidikan, sore itu juga Polres Bengkalis mengamankan seorang pria bernama Abdul Gafar merupakan warga Jalan Bengkalis kecamatan Bengkalis. Dia diduga mengetahui terkait rencana perdagangan Manusia sebanyak 23 orang diduga TKI ilegal ini.

"Setelah pemeriksaan kemarin dugaan kedua orang ini termasuk jaringan perdagangan manusia. Abdul Gafar bertugas sebagai calo pembuatan Paspor para TKI ini, sementara Jaini merupakan penampung para calon TKI, "tegas Kapolres Bengkalis.

Untuk kedua akan dijerat undang undang perdagangan manusia. Terkait keterlibatan sebagai penampung para TKI Ilegal ini.

Sementara itu 23 wanita diduga akan dijadikan TKI Ilegal, saat ini masih di tampung Mapolres Bengkalis. Pihak Kepolisian juga sedang berkoordinasi dengan pemerintah daerah terkait rencana pemulangan mereka ke daerah asal masing masing.

"Kita sedang berkoordinasi dengan pemerintah daerah, bagaimana penampungan mereka dan cara untuk pemulangan mereka ke daerah asal, apalagi jumlahnya cukup banyak sebanyak 23 orang, " tandasnya.(sir)

Tags
TKI
Penulis: Muhammad Natsir
Editor: M Iqbal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help