Hingga Hari Ketiga Verifikasi Faktual KPU Bengkalis Akui Pelaksanaan Lancar

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bengkalis terus menyelesaikan verifikasi faktual partai peserta pemilu 2019 mendatang

Hingga Hari Ketiga Verifikasi Faktual KPU Bengkalis Akui Pelaksanaan Lancar
Antara
Ilustrasi 

Laporan Wartawan tribunbengkalis.com Muhammad Natsir

TRIBUNBENGKALIS.COM, BENGKALIS - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bengkalis terus menyelesaikan verifikasi faktual partai peserta pemilu 2019 mendatang. Verifikasi faktual hari merupakan hari terakhir, Kamis (1/2).

Hal ini diungkap Komisioner KPU Bengkalis Suib Usman kepada tribun saat di temui di kantor Gerindra Bengkalis. Menurut dia verifikasi dilakukan pihaknya sesuai dengan keputusan MK nomor 53/PUU-XV/2017 dimana seluruh partai politik calon peserta Pemilu harus diverifikasi faktual.

Sebelumnya pada tahun 2017 lalu KPU Bengkalis telah melakukan verifikasi Faktual beberapa partai baru. Untuk kali ini mulai tanggal 30 Januari sampai lima hari ini.

"Dari 12 Partai politik yang lolos verifikasi Administrasi kemarin sampai siang ini kita sudah lakukan verifikasi faktual. Tinggal beberapa Partai lagi yang akan kita selesaikan verifikasinya.

Menurut Suib, Partai Politik yang lulus administrasi dan dilakukan verifikasi faktual selama tiga hari ini diantaranya Partai Garuda, PDI Perjuangan, PPP, Partai Nasdem, PBB, Partai Hanura, Partai Gerindra, Partai Golkar, PKS, PAN dan Demokrat.

Menurut Suib, sejauh ini hasil verifikasi faktual yang dilakukan pihaknya masih berjalan lancar. Belum ada temuan ketidaksesuaian data Sipol dengan verifikasi faktualnya.

"Sejauh ini semuanya masih sesuai dengan Sipol, beberapa partai yang kita datangi," tandasnya.

Panwaslu kabupaten Bengkalis juga membenarkan pelaksanaan verifikasi faktual selama tiga hari berjalan lancar. "Sejauh ini verifikasi faktual yang dilakukan masih berjalan lancar, semua partai politik yang di verifikasi. Sampel sampel dari partai semua dapat ditemui dan tidak ada masalah,". Ungkap Ketua Panwaslu Kabupaten Bengkalis Mukhlasin.

Menurut dia, sampai siang ini, sudah delapan partai politik yang dilakukan verifikasi faktual. Tinggal beberapa partai lagi yang akan diselesaikan hingga sore ini.

"Mudah mudahan selesai hari ini sesuai target kita, kita juga akan terus melakukan pengawasan verifikasi faktual ini sampai selesai," tutup Mukhlasin.(sir)

Penulis: Muhammad Natsir
Editor: Teddy Yohannes Tarigan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help