TribunPekanbaru/

Petakan Potensi Masing-masing Kampung, Tunjang Rencana Agrowisata Bungaraya

Masyarakat kecamatan Bungaraya terus menindaklanjuti pencanangan agrowisata, yang sudah dilaunching 18 Januari 2018 lalu

Petakan Potensi Masing-masing Kampung, Tunjang Rencana Agrowisata Bungaraya
tribunpekanbaru/mayonalputra
Bupati Siak Syamsuar mengayuh sepeda ontel besama jajaran dan masyarakat Bungaraya di pesawahan Bungaraya, Kamis (1/18/2018) jelang launching kawasan Agrowisata Bungaraya 

Laporan wartawan Tribunsiak.com, Mayonal Putra

TRIBUNSIAK.COM, SIAK -Masyarakat kecamatan Bungaraya terus menindaklanjuti pencanangan agrowisata, yang sudah dilaunching 18 Januari 2018 lalu. Saat ini, pemerintah kecamatan Bungaraya mulai menyosialisasikan grand design agrowisata yang dimaksud.

Jumat (2/1/2018), Camat Bungaraya Hendy Derhavin mengundang seluruh kepala kampung di kecamatan itu. Kelompok Teras Riau, kelompok sadar wisata kecamatan Bungaraya serta perwakilan Dinas Pariwisata turut hadir pada pertemuan yang digelar di aula kantor camat tersebut.

Direktur Perkumpulan Teras Riau, Tamim Rusdy mengatakan, pihaknya diberikan amanah untuk menangani bidang perencanaan agrowisata Kecamatan Bungaraya tersebut. Pihaknya mulai melakukan pemetaan potensi masing-masing kampung.

"Sebab, jenis pertanian di Bungaraya cukup beragam. Kemudian turunan dari jenis pertanian juga sudah mulai ada. Saya kira, potensinya sangat besar," kata dia.

Ia menguraikan, pertemuan tersebut bertujuan untuk menampung ide dan gagasan dari peserta dan masyarakat yang terlibat dalam kegiatan itu. Sehingga perencanaan untuk grand design akan semakin matang dan bisa mengakomodasi seluruh potensi kampung.

"Kami meminta masing-masing kepala kampung menyampaikan andalannya. Baik itu tentang potensi wisata alam, kuliner, pertanian, kerajinan tangan atau iven kerakyatan lainnya," kata dia.

Pihaknya berencana bakal mengeksplore selurub potensi kampung tersebut. Jika ada kendala pengembangan, maka menjadi tugas pemerintah kecamatan untuk mengatasi persoalan tersebut.

Camat Bungaraya Hendy Derhavin mengatakan, Bungaraya memiliki aneka ragam jenis tanaman pertanian. Tanaman tersebut selain mendatangkan hasil dari panen juga memiliki potensi lain untuk dikembangkan menjadi wisata pertanian.

"Saya selaku pimpinan Pemerintah Kecamatan mendukung sepenuhnya kegiatan ini. Diharapkan masyarakat bungaraya juga turut serta mendukung program agrowisata ini," jelas dia.

Untuk mempopukerkan agrowisata tersebut, pihaknya sudah mulai mencanangkan kegiatan bersepeda setiap pagi kamis di sekeliling areal pesawahan Bungaraya. Kegiatan itu saat ini sudah diminati pehobi sepeda setiap hari. Bahkan kebanyakan datang dari kota Siak Sri Indrapura.

"Kita bersepeda setiap Kamis pagi. Seluruh masyarakat diajak ikut dalam rombongan kecamatan. Sehingga sebelum masuk kantor, pegawai kecamatan lebih fresh setelah menikmati udara segar dan pemandangan luas hamparan sawah," kata dia.

Tidak hanya itu, di antara masyarakat sudah ada yang menyewakan sepeda di sana.

"Jima Anda datang dengan mobil atau motor, bisa memarkirkan kendaraannya dan menyewa sepeda untuk berkeliling di pesawahan," kata dia.(*)

Penulis: Mayonal Putra
Editor: Teddy Yohannes Tarigan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help