Advertorial

Bupati Wardan Lantik BPD Desa Idaman, Ingatkan Pentingnya Sinergitas BPD dengan Kades

Bupati Kabupaten Indragiri Hilir, HM Wardan meminta adanya sinergitas antara Badan Permusyawaratan Desa dengan Kepala Desa Idaman.

Bupati Wardan Lantik BPD Desa Idaman, Ingatkan Pentingnya Sinergitas BPD dengan Kades
istimewa
Bupati Inhil HM Wardan 

TRIBUNTEMBILAHAN.COM, TEMBILAHAN – Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan meminta adanya sinergitas antara Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dengan Kepala Desa (Kades) Idaman.

Bupati Wardan menjelaskan, wujud konkret dari sinergitas yang terjalin antara BPD dan Kepala Desa Idaman, adalah, berupa perumusan kegiatan-kegiatan pembangunan demi tercapainya cita- cita memajukan daerah.

“Selaku Badan Legislatif di tingkat desa, sudah semestinya menjalin koordinasi, menyamakan persepsi dan gagasan dengan Kepala Desa demi pembangunan yang berjalan lancar dan memperoleh hasil yang memuaskan,” ujar Bupati saat melantik secara resmi BPD Desa Idaman, Kecamatan Gaung Anak Serka (GAS) periode 2017 – 2023, Sabtu (3/2/2018).

Menurut Bupati, tanpa adanya sinergitas yang terbangun melalui jalinan koordinasi yang intensif, maka akan mustahil sebuah usulan program pembangunan akan diterima karena terdapat ketidaksepahaman.

“Di sinilah letak fungsi dari koordinasi yang dibangun. Ada harmonisasi dan sinkronisasi atas program kegiatan. Yang mana, kegiatan yang masuk dalam program prioritas dan yang mana yang tidak,” tutur bupati.

Lebih lanjut, Bupati Wardan menuturkan, setelah sinergitas antar perangkat desa terjalin, yakni antara BPD dan Kepala Desa, maka keterlibatan masyarakat di desa tersebut menjadi sebuah tuntutan yang harus dipenuhi.

“Lebih lagi, pada program DMIJ yang dirumuskan sejak tahun 2014, kita mesti berorientasi pada pemberdayaan masyarakat dalam setiap tahapan pembangunan, mulai dari tahapan perencanaan hingga finishing,” urai bupati.

Selanjutnya, bupati menginformasikan, program DMIJ, dapat mengakomodir seluruh kegiatan baik fisik maupun non fisik, sehingga masyarakat dan perangkat desa dapat lebih leluasa dalam fase penyusunan program.

Dalam lawatannya kali ini, Bupati Inhil, HM Wardan juga diikuti dengan kehadiran Wakil Ketua DPRD Inhil, H Ferryandi serta turut didampingi oleh Kepala Dinas Perikanan, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kepala Dinas Perhubungan juga Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Inhil. (adv)

Penulis: T. Muhammad Fadhli
Editor: harismanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved