Waspadai Pungli Jelang UNBK, Ombudsman Sumbar: Laporkan Temuan ke 08121373770

Permendiknas No 75 Tahun 2016 tentang Komite Sekolah dengan tegas melarang pungutan tersebut

Waspadai Pungli Jelang UNBK, Ombudsman Sumbar: Laporkan Temuan ke 08121373770
Foto/saberpungli.id
Stop Pungli 

Laporan Riki Suardi, Kontributor Tribunpadang.com

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Ombudsman RI Perwakilan Sumbar mengingatkan publik agar waspada terhadap pungutan liar dengan alasan pendanaan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang akan dilaksanakan pada April 2018.

“Kami warning saja, ini pola tahunan. Menjelang pelaksanaan UNBK rawan pungutan liar yang dilakukan pihak sekolah bersama komite sekokah,” kata Pelaksana Tugas Kepala RI Perwakilan Sumbar, Adel Wahidi, Selasa (6/2/2018).

Dikatakan Adel, pihaknya telah menerima informasi keluhan masyarakat terkait permintaan uang pembelian komputer untuk UNBK. Bahkan ada juga keluhan, di mana komite bersama sekolah, meminta uang pada orangtua untuk keperluan pendirian tower jaringan internet.

"Ini sesuatu yang dipaksakan dan tidak perlu dilakukan oleh pemangku kepentingan di sekolah. Permendiknas No 75 Tahun 2016 tentang Komite Sekolah dengan tegas melarang pungutan tersebut," ujarnya.

Namun, Adel enggan membeberkan sekolah mana yang melakukan pungutan tersebut. Ia hanya mengatakan bahwa tidak ada paksaan dalam pelaksanaan UNBK, karena UNBK mesti dilaksanakan sesuai kemanpuan, keterkesedian jaringan dan komputer yang ada di sekolah. 

"Jika kekurangan komputer atau jariangan, maka pemerintah provinsi, kabupaten dan kota lah yang mesti membantu atau bertanggung jawab, bukan orangtua murid," ucap Adel.

Tim Saber Pungli yang terbentuk diberbagai daerah, diharapkan peka dan cepat tanggap terhadap persoalan ini. Kemudian, masyarat juga diharapkan untuk terus mengawasi dengan melaporkan ke Onbudsman Sumbar jika ada temuan pungutan yang dilakukan pihak sekolah.

"Kalau ada temuan, segera hubungi kami ke nomor telepon 0751-892521, atau pesan melalui WhatsApp di nomor 0812 1 3737 70, dan bisa juga melalui Call Center Ombudsman RI di 137. Atau, datang lansung ke Kantor Ombudsman RI Perwakilan Sumbar di Jalan Dr. Abdullah Ahmad No7, Samping Bank Indonesia," pungkas Adel.(*)

Editor: harismanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help