TribunPekanbaru/

Jokowi: Bantuan Sosial dan KIP Jangan Digunakan Beli Pulsa dan Rokok

Dalam kunjungannya ke Ranah Cati Nan Tigo itu, Joko Widodo menyerahkan bantuan sosial berupa

Jokowi: Bantuan Sosial dan KIP Jangan Digunakan Beli Pulsa dan Rokok
Riki suardi
Presiden Joko Widodo melakukan lawatannya ke Kabupaten Dharmasraya, Provinsi Sumbar, Rabu (7/2/2018) 

Laporan Riki Suardi

TRIBUNPADANG.COM, PADANG- Presiden Joko Widodo melakukan lawatannya ke Kabupaten Dharmasraya, Provinsi Sumbar, Rabu (7/2/2018). Dalam kunjungannya ke Ranah Cati Nan Tigo itu, Joko Widodo menyerahkan bantuan sosial berupa uang yang disalurkan melalui Program Keluarga Harapan (PKH).

Bantuan sosial berupa uang tunai Rp 1.890.000 itu, diserahkan kepada 3.000 kepala keluarga secara bertahap. Untuk tahap pertama, jumlah yang diserahkan sebesar Rp 500.000. Penyerahan bantuan tersebut berlangsung di Lapangan Bola, Kecamatan Sitiung.

Usai menyerahkan bantuan sosial tersebut, mantan Gubernur DKI Jakarta itu berharap bantuan PKH ini dapat dimanfaatkan masyarakat Dharmasraya untuk memenuhui kebutuhan keluarga, terutama kebutuhan gizi anak-anak dan biaya pendidikan.

"Gunakanlah bantuan ini untuk memenuhui gizi anak-anak, dan kebutuhan lainnya seperti beli seragam sekolah, dan buku pelajaran, supaya pintar dan cerdas. Yang penting, jangan dibelikan rokok," kata Jokowi disambut gelak tawa masyarakat yang hadir, Rabu sore.

Selain menyerahkan bantuan sosial PKH, Jokowi juga menyerahkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) kepada pelajar SD hingga SMA. Besaran bantuan yang diserahkan, yaitu untuk siswa SD sebesar Rp450 ribu, SMP Rp750 ribu dan SMK/SMA sebesar Rp1 juta.

"Kartu KIP ini digunakanlah semestinya yaitu untuk kebutuhan sekolah. Tidak boleh digunakan untuk beli pulsa, kalau ketahuan nanti bisa-bisa kartunya dicabut," ujar mantan Walikota Solo itu.

Usai menyerahkan bantuan sosial PKH dan KIP, kunjungan Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo dilanjutkan ke GOR Kabupaten Dharmasraya. Di sana, Jokowi melakukan Penyerahan Sertifikat tanah secara simbolis kepada 4.000 orang.

Setelah itu, Jokowi bersama rombongan kemudian meninjau lokasi Padat Karya di Nagari Sungai Duo, Kecamatan Sitiung. Usai peninjauan tersebut, Jokowi bersana rombongan bermalam di Dharmasraya.(*)

Editor: Teddy Yohannes Tarigan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help