Momentum HPN, Pemred Se-Sumatera Bersilahturahmi dengan Semen Padang

Dalam sulahturahmi yang dimeriahkan dengan permainan Kim bertabur hadiah menarik itu

Laporan Riki Suardi

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Mengambil momentum Hari Pers Nasional (HPN) 2018 yang dipusatkan di Kota Padang, manajemen PT Semen Padang menggelar silahturahmi dengan Pemimpin Redaksi se-Sumatera yang digelar di Wisma Indarung, PT Semen Padang, Lubuk Kilangan, Kota Padang, Rabu (7/2/2018).

Dalam sulahturahmi yang dimeriahkan dengan permainan Kim bertabur hadiah menarik itu, turut hadir Deputi Bidang Usaha Energi, Kawasan dan Pariwisata Kementerian BUMN, Edwin Hidayat Abdullah, dan Dirut PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, Hendi Prio Santoso, bersama Direktur Produksi, Benny Wendry, serta anggota DPR RI, Refrizal.

Kemudian dari manajemen PT Semen Padang, dihadiri seluruh Dewan Direksi, yaitu Dirut Yosviandri, Direktur Operasional Firdaus, dan Direktur Keuangan Tri Hartono Ryanto. Sedangkan Dewan Komisaris yang hadir, yaitu Komisaris Utama Ahyanizzaman dan Komisaris Khairul Jasmi. 

Deputi Bidang Usaha Energi, Kawasan dan Pariwisata Kementerian BUMN, Edwin Hidayat Abdullah, mengatakan, Semen Padang sudah berusia hampir mendekati 108 tahun. Dengan usia lebih dari satu abad itu, tentu Semen Padang menjadi salah satu saksi sejarah perjalanan bangsa Indonesia sejak masa penjajahan hingga masa sekarang ini. 

Tidak hanya itu. Bahkan berbagai bangunan bersejarah yang dibangun oleh semen dari Semen Padang, juga memaknai kesuksesan Semen Padang yang hingga kini menjadi perusahaan semen yang menguasai pangsa pasar semen di Pulau Sumatera. Beberapa bangunan bersejarah itu, di antaranya Tugu Monas dan Gelora Bung Karno.

"Saat‌ ini PT Semen Padang merupakan perusahaan semen tertua di Indonesia dan Asa Tenggara. Namun demikian, saya tidak mau Semen Padang mati duluan. Saya ingin Semen Padang yang merupakan kebanggaan masyarakat Sumbar, terus bertahan dan berkembang hingga ratusan tahun lagi, meski saat ini persaingan pasar semen sudah sangat ketat," katanya. 

Sekarang ini, lanjutnya, BUMD-nya Cina yang bergerak di bidang semen sudah masuk ke Indonesia. Meski kapasitas produksi semen secara nasional sangat besar, namun masuknya perusahaan semen asing itu, membuat permintaan semen yang diproduksi oleh Semen Indonesia Grup menurun, karena sebagian market share semen nasional berpindah ke semen asing.

"Untuk itu, perusahaan semen milik BUMN harus bersatu. Mari perbaiki diri kita. Ancaman kini sudah sangat berat. Namun di samping itu, terus tingkatkan perhatian kepada lingkungan perusahaan, dan terus jalin kerjasama dengan media, karena media menjadi hal yang sangat penting untuk menyuarakan apa yang kita kerjakan dan menjadi saluran untuk menyampaikan niat kita," ujarnya. 

D‏irut PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, Hendi Prio Santoso, menyebut bahwa persaingan menjadi sangat ketat, karena perusahaan semen asing yang ekspansi ke Indonesia jumlahnya lebih dari 15 perusahaan. 

"Kalau lima tahun lalu, jumlah pemain semen kalau tidak salah hanya ada 6 perusahaan. Sekarang ini sudah belasan, jadi mari kita bersama-sama untuk terus menjaga kekompakan agar Semen Padang, Semen Tonasa dan Semen Gresik yang merupakan bagian dari Semen Indonesia Group terus mempertahankan market share semen secara nasional," katanya. 

Terkait silahturahmi dengan Pimpinan Redaksi se-Sumatera, Dirut PT Semen Padang, Yosviandri, menyebut bahwa kegiatan ini sengaja digelar, karena Semen Padang ingin mengambil momentum HPN 2018 yang diselenggarakan di Kota Padang, menjadi ajang silahturahmi antara Semen Padang dengan media.

"Kami sengaja memanfaatkan momen ini, karena kawan-kawan media adalah parthner yang sangat kami butuhkan, dan media juga lah yang sangat berperan menyampaikan kinerja positif perusahaan. Namun di samping itu, kami juga membutuhkan media untuk memberi masukan, karena kontrol media dapat meningkatkan kinerja perusahaan ke depan," bebernya.

Salah seorang Pemimpn Redaksi dari medialampungpro.com, Aminuddin Soermin, mengapresiasi upaya PT Semen Padang yang terus konsisten menjaga hubungan dengan media.

"Kami berterimakasih telah di undang. Ini merupakan suatu kebahagian bagi kami di HPN 2018. Selema ini kami hanya menerima rilis, sekarang kami bisa bertatap muka dengan dewan direksinya. Semoga silahturahmi seperti ini terus ditingkatkan," ujarnya.(*)

Tags
Padang
HPN
Editor: Teddy Yohannes Tarigan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help