Jelang Puncak HPN 2018, Tiga Menteri Duduk Bersila Ikuti Makan Bajamba

Makan Bajamba ini diikui oleh 3.000 lebih undangan, dengan dulang (tempat tersajinya makanan) lebih dari 700 dulang.

Jelang Puncak HPN 2018, Tiga Menteri Duduk Bersila Ikuti Makan Bajamba
TribunPadang.com/Riki Suardi
Makan Bajamba ini diikui oleh 3.000 lebih undangan, dengan dulang (tempat tersajinya makanan) lebih dari 700 dulang. 

Laporan Riki Suardi dari Padang

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2018 yang dipusatkan di Kota Padang, Sumbar, Pemerintah Provinsi Sumbar menggelar acara Makan Bajamba di halaman Museum Adityawarman, Kamis (8/2/2018) malam.

Makan Bajamba yang merupakan budaya adat di Minangkabau itu, dihadiri sejumlah Menteri Kabinet Kerja. Di antaranya, Menteri Sosial Idrus Marham, Menteri Perikanan Kelautan Susi Pudjiastuti, dan Menteri Kominfo Rudiantara.

Selain itu juga hadir Ketua Dewan Pers, Yosep Adi Prasetyo, Ketua PWI Pusat Margiono, Komisioner KPI Yuliandre Darwis, dan sejumlah tokoh Pers Nasional, maupun pelaku usaha media massa di indonesia seperti Anindya Novyan Bakrie.

Kemudian, pada Makan Bajamba yang dimeriahkan oleh acara hiburan berupa penampilan tari tradisional adat Minangkabau itu, juga dihadiri sejumlah tamu undangan yang berasal dari sejumlah delegasi perwakilan Duta Besar dari negara sahabat.

Sebagai tuan rumah HPN 2018, juga hadir Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit, dan Setda Provinsi Sumbar Ali Asmar, beserta sejumlah pejabat eselon di lingkungan Pemprov Sumbar, serta beberapa kepala daerah di kabupaten dan kota di Sumbar.

Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit mengatakan, Makan Bajamba ini diikui oleh 3.000 lebih undangan, dengan dulang (tempat tersajinya makanan) lebih dari 700 dulang.

"Makan Bajamba ini tradisi makanan adat di Minangkabau. Duduk bersama ini artinya mencari kata mufakat. Musyawarah adat untuk mencari kata mufakat di Sumbar seperti inilah," kata Nasrul Abit dalam sambutannya.

Ketua PWI Pusat, Margiono mengatakan bahwa Makan Bajamba ini sungguh meriah. "Ini edan. Tadi saya nanya-nanya sama rekan Pers di Sumbar, katanya malam ini merupakan Makan Bajamba paling meriah di Sumbar, karena dihadiri sejumlah menteri dan tokoh nasional," katanya.

Di kesempatan itu, Menteri Kominfo Rudiantara, menyebut sebagai tuan rumah HPN 2018, Pemprov Sumbar telah menggelar berbagai kegiatan jelang acara puncak HPN 2018. Oleh sebab itu, pihaknya sangat mengapresi Pemprov Sumbar.

"Jelang puncak HPN, Pemprov Sumbar telah menggelar berbagai rangkaian acara Begitu banyak acara menarik yang digelar, termasuk Makan Bajamanba. Ini luar biasa sekali. Terimakasihbuntuk tuan umah yangbsudah menggekar berbagai kegiatan," ujarnya. (*)

Tags
HPN
Menteri
Editor: M Iqbal
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help