KTL Bengkalis Direncanakan Jadi kawasan Percontohan Indonesia, Ini Penjelasannya

Untuk mewujudkan ini tim penilaian dari pusat telah melakukan penilaian di kawasan KTL kota Bengkalis.

KTL Bengkalis Direncanakan Jadi kawasan Percontohan Indonesia, Ini Penjelasannya
Tribun Pekanbaru/ Muhammad Natsir
Tim penilaian Kawasan Tertib Lalulintas Percontohan Bengkalis saat melakukan penilaian di KTL Bengkalis 

Laporan Wartawan Tribunbengkalis.Muhammad Natsir

TRIBUNBENGKALIS.COM, BENGKALIS - Kawasan Tertib Lalulintas (KTL) Kota Bengkalis direncanakan akan dijadikan kawasan KTL Percontohan seluruh Indonesia. Untuk mewujudkan ini tim penilaian dari pusat telah melakukan penilaian di kawasan KTL kota Bengkalis.

Hal ini diungkap Kasatlantas Polres Bengkalis Ajun Komisaris Polisi (AKP) Ricky Michael Mandey kepada wartawan,Selasa (13/2) Pagi. Menurut dia tim penilai yang turun melakukan penilaian kelayakan KTL menjadi percontohan terdiri dari Korlantas Polri, Kementrian Perhubungan dan Kementrian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR).

"Pekan lalu tim penilai sudah turun, untuk menilai kelayakan KTL di Bengkalis sebagai kawasan percontohan. Untuk wilayah Polda Riau kawasan yang di nilai layak untuk percontohan hanya tiga daerah," ungkap Kasatlantas.

Tiga daerah tersebut diantaranya kawasan KTL Polres Bengkalis, kawasan KTL Polres Siak dan Kawasan KTL Polres dan kawasan KTL Polres Pelalawan. Penilaian tim dari pusat dilakukan di tiga wilayah tersebut.

"Untuk hasil penilaian dari tim tersebut belum kita terima menunggu hasil dari mereka," terang Kasatlantas.

Secara umum penilaian yang dilakukan tim mengatakan wilayah kota Bengkalis memang KTL termasuk representatif. Namun memang masih ada beberapa kekurangan yang harus di benahi.

"Memang ada beberapa kekurangan yang belum sepenuhnya sesuai dengan ketentuan KTL, diantaranya terkait taman jalan. Dimana kawasan KTL seharusnya ada taman jalan yang membagi jalan menjadi satu arah," terang Ricky.

Selain taman jalan kekurangan lain yang ditemukan tim penilai diantaranya terkait trotoar jalan. Trotoar yang dimiliki kawasan KTL Bengkalis dinilai masih kecil, belum sesuai kriteria yang seharusnya.

"Ini yang masih menjadi perkejaan kita untuk harus dibenahi lagi," jelasnya.

Terkait penilaian lain, seperti penilaian rambu rambu lalulintas tim penilai mengatakan sudah baik dan lengkap. Bahkan KTL Bengkalis memiliki rambu rambu khusus yang belum dimiliki tiga kawasan KTL yang di nilai tim dari pusat.

"Dimana kita memiliki rambu rambu khusus area berhenti bagi warga penyandang cacat. Kita sudah sediakan khusus penyandang cacat berupa area parkir atau berhenti khusus," terang dia.

Parkir khusus inilah yang menjadi nilai lebih bagi kota Bemgkalis. Rambu tersebut terletak di kawasan KTL Bengkalis dengan bertujuan mempermudah turunnya pengendara yang mengalami cacat.

Kasatlantas Polres Bengkalis berharap KTL Bengkalis bisa menjadi percontohan untuk kawasan KTL seluruh Riau.(sir)

Penulis: Muhammad Natsir
Editor: Teddy Yohannes Tarigan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved