Riau Tunggu Intruksi Pusat Soal Rencana Pengangkatan Guru Honor Jadi CPNS

Sebagaimana arahan Menpan RB yang menyatakan akan melakukan pengangkatan terhadap Guru honorer.

Riau Tunggu Intruksi Pusat Soal Rencana Pengangkatan Guru Honor Jadi CPNS
TRIBUNPEKANBARU.COM/THEO RIZKY
Sejumlah peserta serius mengerjakan soal ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di kampus Universitas Riau, Jalan Patimura, Pekanbaru, Selasa (17/5/2017). Terdapat 28 ruangan yang dipakai di kampus tersebut dengan 20 peserta ujian dalam satu ruangan. Secara keseluruhan, ujian SBMPTN di Kota Pekanbaru berlangsung dengan lancar. (TRIBUN PEKANBARU/THEO RIZKY) 

Laporan wartawan Tribun Pekanbaru, Nasuha Nasution

TRIBUNPEKANBARU.com, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau sampai saat ini belum mendapatkan arahan dari pusat rencana pengangkatan guru Honor menjadi CPNS. Sebagaimana arahan Menpan RB yang menyatakan akan melakukan pengangkatan terhadap Guru honorer.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Riau Ikhwan Ridwan mengakui sampai saat ini belum ada arahan. Pihaknya masih menunggu arahan dari Menpan Soal itu.

"Belum ada arahan sampai sekarang. Kita tunggu sajalah. Malah saya dapat kabar yang honor tidak diangkat. Tapi yang jelas kita menunggu, "ujar Ikhwan kepada Tribun.

Pengakuan yang sama juga dikatakan Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Riau Ahyu Suhendra yang juga menyebutkan belum ada arahan dari pusat. Namun pihaknya di daerah menunggu arahan tersebut jika benar ada pengangkatan.

"Kami masih menunggu kabar lanjutan. Memang ada wacana pengangkatan guru honorer jadi CPNS, tapi belum Tekhnisnya keluar, "ujar Ahyu.

Sebagaimana diketahui jumlah Guru Honor Daerah Provinsi Riau saat ini sebanyak 2.568 ditambah lagi guru Komite yang digaji melalui anggaran Bantuan Operasional Sekolah (BOS) sebanyak 5.132 orang.

Sebelumnya Pemprov juga sempat mengajukan formasi CPNS khusus untuk guru ke Menpan untuk CPNS tahun 2018 ini sebanyak 1.200-an lebih formasi.

Kemenpan-RB meminta Kemendikbud mendata jumlah guru honorer. Pendataan ini diperlukan untuk mengetahui jumlah guru honorer. Pemerintah berwacana akan mengangkat guru honorer menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) tahun ini.

"Nah, sekarang kita sedang minta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mendata (guru honorer) secara rinci," kata Menpan-RB, Asman Abnur melalui rilis yang diterima Tribun.

Asman menjelaskan, guru honorer yang saat ini ada juga terdapat mereka yang sebelumnya tidak lulus tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Kemudian mereka mengajar di sekolah-sekolah dengan status guru honorer

Oleh sebab itu, dalam wacana pengangkatan guru honorer ini, menurut Asman pemerintah harus menentukan kriteria guru honorer yang mau diangkat menjadi PNS. Kriteria inilah yang saat ini sedang dipetakan Kemendikbud.

"Kriterianya seperti apa, sekarang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sedang mendata itu. Jadi, sehingga tahu berapa sih angka (guru honorer) sebenarnya. Nanti saya berkoordinasi terlebih dahulu dengan Mendikbud, karena itu datanya dari mereka," ucapnya.(*)

Penulis: Nasyuha
Editor: Teddy Yohannes Tarigan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help