Sidang Lanjutan Tipikor Bapenda Riau, Mantan Kadispenda Berikan Kesaksian

Mantan Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Riau, Jhoni Irwan dan Masperi memberikan kesaksian

Sidang Lanjutan Tipikor Bapenda Riau, Mantan Kadispenda Berikan Kesaksian
Tribun Pekanbaru/ Ilham Yafiz
Sidang Tipikor Bapenda Riau 

Laporan Wartawan Tribunpekanbaru.com, Ilham Yafiz

TRIBUNPEKANBARU.COM,PEKANBARU - Mantan Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Riau, Jhoni Irwan dan Masperi memberikan kesaksian di dalam sidang lanjutan dugaan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada dinas yang kini bernama Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Riau itu.

Sidang digelar Senin (12/2/2018) malam di Pengadilan Negeri Pekanbaru untuk terdakwa Deyu. Dalam kesaksian keduanya, mereka menyatakan tidak mengetahui adanya pemotongan anggaran pada tahun 2015 dan 2016 lalu.

Joni Irwan mendapatkan kesempatan pertama bersaksi. Ia menjabat sebagai Kepala Dispenda pada tahun 2013 hingga 2015 lalu. Joni menyatakan, tidak pernah memerintahkan pemotongan Uang Persediaan (UP), Ganti Uang (GU) maupun Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD) kepada bawahannya. Menurutnya, pemotongan itu baru diketahuinya ketika dipanggil oleh penyidik Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau ketika perkara itu menjadi persoalan Tipikor.

Joni mengakui pernah memanggil terdakwa Deliana (berkas terpisah) selaku Sekretaris Dispenda ke ruangannya. Saat itu, dia menyampaikan UP dan GU segera cair dan meminta agar dilakukan sesuai ketentuan.

Sidang malam itu juga sempat menyinggung tentang adanya permintaan uang untuk kebutuhan listrik, dan telepon rumah dinas kepada Bendahara Pengeluaran kala itu, Tumino. Uang ini tidak dibantah kebenarannya oleh Joni, hanya saja, dia mengaku tidak mengetahui dari mana uang tersebut didapatkan oleh Tumino, karena uang itu tidak ada dalam DPA.

Ketua hakim, Sulhanudin mengejar fakta adanya uang di dalam brangkas Dispenda. Ia mempertanyakan pengawasan brangkas tersebut.

"Apakah saudara pernah melalukan cek on spot tentang kas Dispenda selaku kontrol sebagai atasan," tanyanya.

"Tidak pernah," jawab Joni.

Usai memberikan kesaksian, Joni Irwan enggan memberi keterangan lebih lajut kepada wartawan saat ditanya mengenai penerimaan ua g dari Tumino tersebut. Joni mengaku tidak enak badan.

Halaman
123
Penulis: Ilham Yafiz
Editor: Teddy Yohannes Tarigan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved