Sudah Belasan Tahun, 2 Km Lebih Jalan Abdul Rabkhan Masih Tanah

Jalan ini jadi satu akses terdekat ke kawasan Hutan Wisata, Kelurahan Bukit Jin dari Bukit Timah

Sudah Belasan Tahun, 2 Km Lebih Jalan Abdul Rabkhan Masih Tanah
Tribun Pekanbaru/ Fernando Sikumbang
Warga setempat mempelrihatkan kondisi Jalan Abdul Rabkhan, Kelurahan Bukit Timah, Kecamatan Dumai Selatan, Kota Dumai. Kondisi jalan ini masih berupa jalan tanah selama belasan tahun. 

Laporan Wartawan Tribundumai.com, Fernando Sikumbang

TRIBUNDUMAI.COM,DUMAISELATAN- 2,21 km lebih Jalan Abdul Rabkhan, Kelurahan Bukit Timah, Kecamatan Dumai Selatan, Kota Dumai masih berupa Jalan Tanah. Jalan ini jadi satu akses terdekat ke kawasan Hutan Wisata, Kelurahan Bukit Jin dari Bukit Timah. Kondisi jalan km 2 hingga km 4 Abdul Rabkhan belum memungkinkan untuk melintas saat hujan mengguyur.

Jalan tanah ini langsung bergelombang. Kondisi jalan juga belumpur hingga masyarakat kesulitan kala melintas. Mereka kerap menggunakan jalan itu untuk pergi bekerja dan sekolah.

Ada juga sejumlah fasilitas publik di sepanjang jalan itu. Di antaranya puskeskel dan rumah ibadah. Masyarakat di dua RT yakni RT 14 dan RT 15 Kelurahan Bukit Timah kerap menggunakan jalan ini.

Mereka mengaku kesulitan bila hujan sudah mengguyur. "Kalau hujan ya berlumpur jalan ini pak. Kalau memutar jalan kan jauh," ujar Warga setempat, Simamora kepada Tribun, Selasa (13/2/2018).

Simamora berharap ada pembenahan terhadap jalan ini. Mereka sudah belasan tahun kesulitan saat melintas jalan tersebut. Jalan ini menjadi jalan utama bagi masyarakat yang ada di dua RT tersebut.

Ada ratusan Kepala Keluarga yang memanfaatkan jalan ini setiap hari.
"Kami ingin jalan ini bisa segera dibenahi. Sebab sudah terlalu lama jalan ini berupa jalan tanah," paparnya.

Anggota Komisi III DPRD Kota Dumai, Sutrisno mengatakan bahwa pihak terkait harus mempercepat proses peningkatan jalan Abdul Rabhkhan. Ia menyebut jalan adalah satu kebutuhan dasar masyatakat. Mereka bisa lebih cepat mencapai kawasan Bukit Jin dan sejumlah fasilitaa umum.

Politikus Partai Nasdem ini mengaku satu kendala peningkatan jalan ini karena berada di areal konsesi yang dikuasi PT.Chevron Pacific Indonesia (CPI). Mereka sudah sempat meninjau kondisi jalan ini pada Agustus 2017 silam. Jalan tersebut merupakan maintenance road oleh pihak CPI Dumai.

Ada rencana peningkatan jalan tersebut. Saat ini masih belum ada upaya nyata pembangunan jalan itu. "Kami tentu berupaya untuk mendesak agar Jalan Abdul Rabkhan bisa ditingkatkan kualitasnya, " ulas Sutrisno.

Sutriano mengklaim Pihak SKK Migas Perwakilan Sumbagut CPI sudah memberikan sinyal terkait pembangunan Jalan Abdul Rabkhan. Ia mengaku masih menanti arahan dari Pemerintah Pusat. Adanya persetujuan dari pihak terkait tentu mendukung proses pembangunan jalan ini.

"Kami berupaya agar masyarakat segera dapat merasakan dampak pembangunan jalan tersebut," harapnya. (fer)

Tags
Jalan
Dumai
Penulis: Fernando
Editor: Teddy Yohannes Tarigan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved