TribunPekanbaru/
Home »

Video

VIDEO: Forum Bank Sampah Riau Dikukuhkan

Ratusan anggota forum Bank Sampah Provinsi Riau hadir dalam acara Pengukuhan pengurus forum Bank Sampah di Kediaman Gubernur

Laporan Nasuha Nasution

TRIBUNPEKANBARU.com, PEKANBARU - Ratusan anggota forum Bank Sampah Provinsi Riau hadir dalam acara Pengukuhan pengurus forum Bank Sampah di Kediaman Gubernur.

Pengukuhan itu langsung dilakukan Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman yang didampingi Kadis Lingkungan Hidup dan Kehutanan Ervin Rizaldi.

Sebagai ketua Forum bank sampah Provinsi Riau masih diketuai Sofia Seven yang merupakan penerima kalpataru dari Presiden asal Riau karena keseriusannya melakukan pengolahan terhadap sampah.

"Forum bank sampah penting untuk pembangunan dan pariwisata, peran mereka sangat penting dalam mewujudkan Riau yang bersih dan tentunya hasil karya mereka juga bisa dimanfaatkan, "ujar Andi Rachman sapaan akrabnya Gubernur kepada ratusan anggota forum Bank Sampah tersebut Senin (12/2).

Gubernur menyampaikan peran para forum Bank Sampah ini memudahkan pemerintah. Karena jika pemerintah masih di sibukkan dengan sampah dan tidak ada forum ini tentu akan kesulitan.

"Terima kasih kepada buk Sofia Seven Ketua forum Bank sampah ini karena sudah membangun di Riau dan peduli dengan sampah dan pemanfaatannya sehingga menghasilkan bagi masyarakat, "jelas Andi.

Apalagi lanjut Andi Rachman isu lingkungan menjadi persoalan juga di Riau, terutama masalah kebakaran hutan dan lahan. Maka dengan adanya forum ini diharapkan mengurangi pandangan negatif lingkungan terhadap Riau selama ini.

"Dengan adanya forum ini mengurangi isu yang ada terkait lingkungan di Riau ini. Makanya saya berharap yang dikukuhkan ini juga berkonsentrasi pada sampah dan lingkungan, "ujar Andi.

Kedepan lanjut Andi Rachman, Pemerintah akan lebih peduli lagi untuk lingkungan terutama memanfaatkan limbah sebagaimana yang dilakukan forum Bank Sampah tersebut.

"Kita akan Libatkan Dinas pendidikan menyampaikan ke sekolah Dinas Perindustrian untuk melihat dan mengembangkan potensi industri kecil masyarakat,"ujarnya.

Sementara itu Ketua Forum Bank Sampah Provinsi Riau periode 2018-2022 Sofia Seven menyebutkan saat ini anggota forum Bank Sampah sendiri sudah mencapai 500 orang.

"Sekarang ini kurang lebih 500 orng yang terdiri dari penggiat bank sampah, sekolah Adiwiyata, Lazismu, Rumah zakat, dan Dinas LHK Kabupaten/Kota se-Riau, "ujar Sofia Seven.

Penulis: Nasyuha
Editor: David Tobing
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help