Terapkan Transaksi Non Tunai, Pemkab Pelalawan Bayar Gaji Honorer Melalui Rekening

Untuk PNS, gaji sudah disalurkan secara otomatis melalui rekening masing-masing yang sebelumnya sudah dibuka.

Laporan Wartawan Tribunpelalawan.com: Johannes Wowor Tanjung

TRIBUNPELALAWAN.COM, PANGKALAN KERINCI- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan mulai menerapkan transaksi non tunai dalam penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2018. Sesuai dengan Surat Edaran (SE) Menteri Keuangan (Menkeu) dan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara (Menpan).

Untuk tahap awal, transaksi non tunai dilakukan pada pembayaran gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan pegawai honor yang bekera di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Pelalawan. Untuk PNS, gaji sudah disalurkan secara otomatis melalui rekening masing-masing yang sebelumnya sudah dibuka.

"Untuk pegawai honor, sistemnya sama juga. Tapi urusannya lebih berat kepada bendara pengeluaran masing-masing OPD," terang Kepala Badan Pengelolaan Kekayaan dan Aset Daerah (BPKAD) Pelalawan, Devitson Saharudddin, kepada tribunpelalawan.com, Rabu (14/2/2018).

Devitson menjelaskan, sejak Bulan Desember 2017 pihaknya telah mengimbau seluru bendahara OPD agar membuka rekening bank Riau Kepri untuk semua pegawai honor dibawah naungan instansinya. Kerjasama langsung dilakukan antaran manajemen Bangk Riau Kepri Cabang Pangkalan Kerinci dengan bendahara pengeluaran OPD.

Apabila ada kendala pembayaran gaji dikarena buku dan nomor rekening yang belum selesai milik pegawai honor, hal itu merupakan tanggungjawab bendahara. Seharusnya pejabat bersangkutan mengurus dengan cepat ke bank agar nomor rekening segera diterbitkan.

"Kalau pegawai honor belum gajian karena nomor rekening belum selesai, itu kesalahan bendahara OPDnya. Berarti dia yang lambat mengurus. Memang kendalanya saat ini seperti itu," terangnya.

Ia menyatakan, untuk mensiasati pembayaran gaji yang mandek karena buku rekening yang diurus sebelumnya belum selesai, pengiriman bisa ditumpangkan ke rekening Bang Riau Kepri milik orang lain. Sehingga gaji tetap dapat diterima, sembari pengurusan buku rekening tuntas.

Penulis: johanes
Editor: Teddy Yohannes Tarigan
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help