Menpora Minta Pelaksanaan PON Digelar 2 Tahun Sekali

terkait permintaan Menpora itu seluruh KONI Provinsi se Indonesia setuju PON selenggarakan 2 tahun sekali

Menpora Minta Pelaksanaan PON Digelar 2 Tahun Sekali
tribunpekanbaru.com/Doddy Vladimir
Suasana penutupan PON di dalam stadion utama Riau

Laporan wartawn Tribun Pekanbaru, Rino Syahril

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Untuk memperkuat basis pengalaman atlet dilapangan Kementerian Pemda dan Olahraga (Kemenpora) minta agar penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) diselenggarakan 2 tahun sekali dan tidak 4 tahun sekali lagi.

Permintaan itu disampaikan ke Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat melalui surat dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI nomor : S.12.18.1/MENPORA/SET/XII/2017 tanggal 18 Desember 2017.

Menyikapi permintaan Menpora itu KONI Pusat melakukan pertemuan dengan seluruh Gubernur se Indonesia dan KONI Provinsi se Indonesia 25 Januari 2018 di Jakarta.

Dalam pertemuan itu kata Ketua Umun KONI Riau Emrizal Pakis yang menghadiri pertemuan tersebut kepada Tribun, Kamis (15/2/2018), terkait permintaan Menpora itu seluruh KONI Provinsi se Indonesia setuju PON selenggarakan 2 tahun sekali. Tapi dengan penyelenggaraan yang berbeda.

"Dimana harus ada PON besarnya dan PON sekali 2 tahun itu adalah PON pembagian umur atau PON Remaja atau Junior," ujar Emrizal.

Jadi PON besar itu jelas Emrizal tetap dilaksanakan 4 tahun sekali. "Kemudian terkait tuan rumah dapat lebih dari 1 provinsi atau tuan rumah bersama seluruh KONI se Indonesia juga setuju, karena untuk tuan rumah 2024 ada permintaan tuan rumah bersama yakni Aceh bersama Sumatera Utara dan Bali bersama NTB," ungkap Emrizal.

Hal itu tambah Emrizal juga sudah disampaikan langsung ke Bapak Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rahman dan Bapak Gubernur nenyetujuinya.

Oleh karena itu hasil pertemuan KONI Pusat bersama KONI Provinsi se Indonesia tersebut kata Emrizal lagi, akan disampaikan KONI Pusat ke Menpora. "Saat ini kita masih menunggu keputusan dari Bapak Menpora apakah meyentujui usulan kita atau tetap pada keinginan Menpora," ungkap Emrizal. (rsy)

Penulis: Rino Syahril
Editor: Teddy Yohannes Tarigan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help