Indragiri Hulu

Sepanjang Tahun 2018, BPKD Inhu Catat Ada 8 Kejadian Kebakaran Lahan

Kantor Penanggulangan Bencana Daerah (KPBD) Indragiri Hulu (Inhu) mencatat lima kejadian kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) sepanjang tahun 2018.

Sepanjang Tahun 2018, BPKD Inhu Catat Ada 8 Kejadian Kebakaran Lahan
joe
Proses pemadaman Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut) di Desa Teluk dn Desa Teluk Bakau kecamatan Kuala Kampar. Sudah 25 hektar lahan yang terbakar sepanjang pekan ini. 

Laporan Wartawan Tribuninhu.com Bynton Simanungkalit

TRIBUNINHU.COM, RENGAT - Kantor Penanggulangan Bencana Daerah (KPBD) Indragiri Hulu (Inhu) mencatat lima kejadian kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) sepanjang tahun 2018.

Berdasarkan data yang diperoleh, diketahui terdapat lima titik api di Inhu yang terdata semenjak Januari 2018 hingga Maret 2018.

Baca: Tabrak Satu Keluarga, Sopir Kabur Hingga 15 Kilometer, Kaget, Dalam Bak Mobil Ada Jasad Korban

Baca: TERUNGKAP, Sopir Ugal-ugalan, Tabrak Satu Keluarga, Salah satunya Nenek, Jasadnya Ditemukan Disini

Lima titik api tersebut tersebar di sejumlah wilayah, yakni Desa Jati Rejo, Kecamatan Pasir Penyu, Desa Rawa Jadi, Kecamatan Rengat, dan Desa Rawa Sekip, Kecamatan Rengat.

Menurut Kepala KPBD Inhu, Indra selama pemadaman pihaknya sempat menemukan sejumlah kendala, namun proses pemadaman dapat dilakukan walau harus makan waktu berhari-hari.

Pemadaman yang paling lama dilakukan berada di Desa Rawa Jadi dan Rawa Sekip. Pemadaman yang dilakukan si Desa Rawa Jadi memakan waktu kurang lebih empat hari.

"Luas lahan yang terbakar mencapai 45 hektar, dengan kondisi sebagian besar lahan merupakan gambut kering," kata Indra, Selasa (13/3/2018).

Baca: Ribuan Guru Honor Komite Dapat SK, Pemko Pekanbaru Juga Akan Berikan Insentif Ini

Pemadaman karlahut yang dilakukan di Desa Rawa Sekip juga memakan waktu selama empat hari, dimulai tanggal 5 Februari 2018 sampai tanggal 7 Februari 2018 lalu.

Meski telah dilakukan pemadaman di dua lokasi tersebut, namun pada tanggal 10 Februari 2018 lalu karlahut kembali melanda Desa Rawa Jadi sehingga KPBD Inhu kembali menurunkan 13 orang anggotanya untuk memadamkan api di lokasi tersebut. Luas lahan yang terbakar mencapai 10 hektar.

Baca: Diduga Frustasi Soal Asmara Pria Ini Menghilang, Ternyata Ditemukan Dalam Sumur, Begini Faktanya 

Karlahut yang terdata terkahir kali di Inhu terjadi di Desa Rawa Sekip dan Rawa Jadi pada tanggal 12 Februari 2018 lalu.

Sementara itu, di Bulan Maret 2018 ini tidak ada karlahut yang terdata. Hal ini dikarenakan hujan deras yang melanda Kabupaten Inhu semenjak awal Maret 2018 lalu. (*)

Penulis: Bynton Simanungkalit
Editor: Budi Rahmat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved