Sudah Mendapatkan Rekomendasi PLN, Viar Q1 Diyakini Jadi Skutik Listrik Masa Depan

Viar Q1 lebih resmi karena telah memiliki STNK dan BPKB. Untuk di Pekanbaru, Q1 dibandrol sebesar Rp17.800.000.

Sudah Mendapatkan Rekomendasi PLN, Viar Q1 Diyakini Jadi Skutik Listrik Masa Depan
TribunPekanbaru/Hendri Gusmulyadi
Salah satu masyarakat mencoba Viar Q1 melalui test ride yang digelar oleh Viar Pekanbaru. 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru Hendri Gusmulyadi

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Viar Q1 diperkenalkan pertama kali di Jakarta pada tahun 2015 lalu. Skutik bertenaga listrik ini bahkan telah mendapapatkan rekomendasi langsung dari PT PLN. Hal itu dikatakan Kepala Bagian Promosi Viar Pekanbaru, Sabar, Selasa (3/4/2018).

"Jadi Viar sudah kerjasama langsung dengan PLN. Q1 sebagai motor listrik canggih masa depan. PLN bahkan akan membuat SPLU atau stasion listrik umum di bebeberapa titik agar pengguna Viar Q1 yang tengah di perjalanan tetap bisa mengisi daya baterai motornya, termasuk juga di Pekanbaru," ungkap Sabar saat ditemui di Dealer Viar Pekanbaru Jalan Hangtuah.

Dijelaskan Sabar, Viar Q1 menjadi sepeda motor ramah lingkungan tanpa bensin. Baterai yang digunakan jenis Lithium-ion battrey 60v20AH berkapasitas maksimal 2 Kwh, disertai tenaga 800 Watts, yang dapat diisi penuh 5 samapi 7 jam dari kondisi kosong. Tenaga inilah yang membuat Q1 cukup handal.

"Dapat meniadakan emisi gas buang dan polusi udara. Top Speednya bisa mencapai 60 Km perjam," ujar Sabar.

Berbeda dari jenis sepeda listrik, Viar Q1 lebih resmi karena telah memiliki STNK dan BPKB. Untuk di Pekanbaru, Q1 dibandrol sebesar Rp17.800.000.

Dijelaskannya, Viar Q1 didesain dengan bodi yang cukup futuristik dan modern. Bobot kendaraan ini pun cukup ringan hanya 87.5 kg, menyesuaikan tenaga yang dimiliki.

Q1 tampil cukup stylish karena telah dibekali lampu jenis headlamp LED menyatu dengan sein. Sedangkan lampu belakang dibentuk horizontal.

Suspensi Viar Q1 cukup nyaman, di depan dibekali Telescopic dan suspensi belakang Double Swing Shock Absorber.

"Sepasang ban yang ada di Q1 menggunakan tubeless berukuran 90/90-10. Dia juga dilengkapi rem cakram hydrolic pada kedua rodanya, yang membaut sistem keamannya semakin baik," katanya.

"Q1 telah menggunakan bos teknologi jerman yang sudah terkenal lama dan kualitasnya lebih tahan," tambah Sabar. (dri)

Tags
PLN
Viar
Penulis: Hendri Gusmulyadi
Editor: M Iqbal
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help