Rokan Hulu

BPCB Batu Sangkar Turunkan Tim Khusus Inventarisir Cagar Budaya di Rohul

Tim Teknis Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Batu Sangkar,meninjau situs sejarah di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul).

BPCB Batu Sangkar Turunkan Tim Khusus Inventarisir Cagar Budaya di Rohul
Dony
‎ BPCB Batu Sangkar Turunkan Tim Khusus, Untuk Inventarisir Cagar Budaya Di Rohul. 

Laporan Wartawan Tribunrohul.com, Donny Kusuma Putra

TRIBUNROHUL.COM, PASIRPANGARAIAN- Tim Teknis Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Batu Sangkar, membawahi Provinsi Sumatera Barat, Riau dan Kepulauan Riau, meninjau situs sejarah di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul).

Dimana, pada tahap awal, Tim Teknis BPCB Batu Sangkar, didampingi Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud)‎ Rohul Drs. Yusmar M.Si, meninjau makam Raja Kerajaan Rambah di Pasirpangaraian, dan Benteng Tujuh Lapis Tuanku Tambusai di Dalu-Dalu Kelurahan Tambusai Tengah, Kecamatan Tambusai.

Kepala Disparbud Rohul Yusmar mengungkapkan, peninjauan situs sejarah merupakan tindak lanjut dari rapat Forum Group Discusion (FGD) di aula Kantor Disparbud Rohul, melibatkan Dinas Pariwisata Riau, Budayawan Riau, dan pihak terkait lainnya belum lama ini.

Baca: Miris. .Karena Terlalu Cantik, TKW Ini Ditahan Majikannya di Arab Saudi, Minta Tolong sama Netizen

"Jadi peninjauan situs sejarah dalam rangka pelestarian dan pengembangan situs sejarah yang telah berumur hitungan abad," kata Yusmar, Rabu (11/4/2018).

Ia mengaku, hal ini sekaligus tindak lanjut dari pelaksanaan diskusi cagar budaya yang dilaksanakan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Rohul beberapa waktu yang lalu.

Baca: Masih Ingat Sumanto Sang Kanibal, Kali Ini Bikin Ulah Lagi! Bikin Pengasuhnya Tepuk Jidat

Diterangnya, tim terdiri dari 4 orang, yaitu Darul Aswad Ramadhani Rusli, Syafriansyah dan Engki, meninjau langsung dengan mengukur dan mengamati serta mengumpulkan informasi berkaitan dengan dua situs tersebut, yaitu makam Raja Kerajaan Rambah dan Benteng Tujuh Lapis Tuanku Tambusai di Dalu-Dalu Kelurahan Tambusai Tengah.

‎Dilanjutkanya, tim Teknis BPCG Batu Sangkar juga menginventarisir kerusakan situs sejarah di makam Raja Kerajaan Rambah, akibat pohon kayu yang terbakar dan pagar yang rusak akibat ditimpa patahan kayu beberapa bulan lalu.

Halaman
12
Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: Budi Rahmat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved